hero
Ahok di Terminal Rawamangun. (NET/Edward Ambarita)

EDITOR : TITO SIANIPAR

5 Juli 2016, 00:05 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok berencana membangun rumah susun di atas terminal. Bahkan terminal bisa saja ditiadakan untuk diganti rumah susun karena terminal di Jakarta sudah tidak lagi dibutuhkan.

"Konsep kami ke depan, harusnya di atas terminal atau stasiun atau apapun yang besar, adalah rusun," kata Ahok ketika berkunjung ke Terminal Rawamangun, Jakarta Timur, 4 Juli 2016.

"Karena di Jakarta tanahnya mahal. Jadi di atasnya harusnya rusun," kata Ahok. "Jadi pegawai-pegawai yang kerja tinggal di rusun jadi enak. Naik bus tinggal turun."

Integrasi terminal dan rumah susun ini, menurut Ahok, adalah sesuatu yang tak terhindarkan. Untuk tahap pertama, Terminal Pulogadung adalah yang duluan dijadikan rumah susun.

"Kami akan bangun rusunnya tahun 2017," kata Ahok. Rencana itu sekaligus disinkronkan dengan pemindahan ke Terminal Pulogebang. "Bus-busnya akan kami dorong ke Pulogebang."

Pemerintah Jakarta, kata Ahok, masih berkonsentrasi melengkapi fasilitas di Terminal Pulogebang sehingga layak untuk dioperasikan. Bus-bus antar kota yang bermarkas di Pulogadung akan diwajibkan pindah ke Pulogebang.

BACA JUGA:
Jakarta Ulang Tahun, Ahok: Trotoarnya Jelek!
Soal Pengemis, Ahok: Pemain Sandiwara Terlalu Banyak!
Benar Gak Sih Teman Ahok Terima Rp 30 Miliar?
Aliansi Jurnalis: Ahok Pejabat Publik Tidak Profesional!

Ahok juga menyampaikan akan mengevaluasi keberadaan sejumlah terminal di Jakarta. Pasalnya keberadaan terminal sudah tidak dibutuhkan lagi untuk angkutan dalam kota.

"Konsep bus ke depan tidak perlu ada terminal. Karena semua bus kami bayar per kilometer. Jadi semua harus jalan terus, ada atau tidak ada penumpang," kata Ahok.

Salah satu yang dievaluasi adalah Terminal Rawamangun. "Terminalnya jelek banget mutunya, bahannya jelek. Harusnya dengan uang itu, sudah bagus," kata dia.

ENDA TARIGAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments