EDITOR : PUTU DYAH

5 Juli 2016, 03:10 WIB

CIREBON, INDONESIA

Bukan sembarang terbang. Hal itu jadi patokan bagi para pilot drone yang berperan merekam lalu lintas mudik dari ketinggian. Seperti yang dilakukan Rendi Cipta Muliawan dan rekannya Angga.

Di tangan keduanya, pesawat tanpa awak ini bisa mengangkasa dengan apik. Mereka mengaturnya dengan dua kontrol terpisah. Rendy berperan dalam rute penerbangan sementara Angga mengendalikan arah kamera. Perpaduan ini juga menentukan daya jelajah drone saat dioperasikan.

Rendy dan Angga tengan menyiapkan drone sebelum diterbangkan. (NET/ Musthafa A.)

 

“News adalah hal yang nggak diduga. Lima menit selesai ambil gambar, sepuluh menit kemudian naik lagi. Kalau perlu gambar kepadatan ya harus kepadatan. Jadi bagaimana kita bisa membawa penonton seolah-olah ikut terbang bareng drone,” jelas Rendy yang menggunakan drone Inspire 1 dengan kamera 4k.

Satu hal yang penting dalam mengambil gambar dengan drone adalah konten berita. Setiap lanskap yang direkam harus bermakna dan mengandung informasi yang berguna bagi penonton.

Salah satu gambar aerial yang direkam dengan drone. (NET)

 

Drone harus punya visual story yang baik. Misalnya mau laporan langsung, apa sih konten yang mau diambil. Saat manuver di udara bisa transisi antara satu konten dengan konten lain, harus jelas,” kata pria yang terlibat dalam NET Mudik 2015 ini.

Dalam liputan audio visual, adanya gambar dari drone menambah variasi untuk tayangan. Apalagi alat ini mampu terbang dinamis dalam posisi vertikal dan horizontal dengan ketinggian tertentu, tergantung spesifikasi alat. Video aerial yang dipadu laporan langsung serta gambar dari kamera lain, hasilnya semakin menegaskan berita yang disampaikan.

Rendy menambahkan, di tengah kecanggihan drone, ada  yang perlu diingat oleh para penerbang pesawat ini. Yaitu untuk konsisten dalam hal kecepatan, ketelitian dan kesigapan. “Apapun jenis drone nya, dari manapun asalnya, yang penting fly safe, fly responsible and fly with attitude,” tegas Rendy.

 

ANNISA PRATIWI

 

Read More in This Story

DI BALIK CERITA MUDIK TAHUN INI

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments