EDITOR : DASNITA M. SINAGA

5 Juli 2016, 18:07 WIB

YOGYAKARTA, INDONESIA

Perayaan lebaran di Indonesia selalu identik dengan ketupat, bahkan ada yang bilang lebaran tanpa ketupat? Nggak lengkap!

Tapi kamu tahu nggak, ketupat bukan hanya sekedar makanan yang terbuat dari beras dan dibungkus janur saja lho! Ketupat juga memiliki ragam bentuk dan juga makna.

Untuk memperkenalkan sejarah, ragam bentuk dan makna ketupat, seniman Asep Maulana Hakim, membuat 15 jenis ketupat yang terbuat dari janur dan pita dan memamerkannya di daerah Suryodiningrat, Yogyakarta.

Kreasi anyaman janur buatannya punya 2 fungsi yang berbeda, seperti untuk lebaran atau upacara adat, ia membuat 5 jenis ketupat yaitu ketupat lebaran, bawang, luar, slamet dan sinto. Sedangkan yang berfungsi sebagai ketupat hiasan diantaranya adalah ketupat angsa, ayam, candi borubodur dan ketupat mini berukuran 1 milimeter.

Menurut Asep, selama ini telah terjadi salah pengertian tentang makna ketupat di masyarakat Indonesia. Sejarahnya ketupat lebaran dibuat atas janji seorang wali yang berhasil menjalankan ibadah puasa selama 1 bulan penuh. 

Ketupat dalam bahasa Jawa juga disebut kupat bermakna ngaku lepat atau mengaku salah, sehingga ketupat lebaran juga bisa bermakna sebagai pengakuan kesalahan dan bisa disambut dengan saling memafkan. "Makna ketupat untuk orang islam di Indonesia saling memafkan, kayaknya itu hal wajib, bukan sunah lagi, kalau idul fitri kalau nggak ada ketupat sepertinya nggak jadi lebaran," ujar seniman anyaman ini.

Selain menggelar pameran, Asep juga menggelar workshop pembuatan ketupat. Seorang ibu rumah tangga, Rosidatu Syarifenik mengaku senang bisa mengikuti pelatihan ini. Sebelumnya saat lebaran tiba, ia selalu membeli anyaman ketupat di pasar. " Kalau beli kurang makna, kalau bikin bisa lebih menghayati, ternayat bikin ketupat lama, bisa lebih menghargai," jelasnya

Sebagai seniman, Asep tidak hanya menjadikan ketupat sebagai wujud ekspresinya, namun juga sebagai upaya untuk melestarikan karya seni warisan nenek moyang sejak ratusan tahun lalu. Dalam waktu dekat asep berencana untuk meciptakan 25 jenis bentuk ketupat.


REPORTER: SLAMET LESTIORO 

5

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments