EDITOR : FIRZA ARIFIEN

2 Juli 2016, 09:15 WIB

SUMENEP, INDONESIA

Idulfitri sudah di depan mata nih. Ayo, siapa yang sudah bersiap pulang ke kampung halaman? Mudik memang sudah menjadi tradisi dari tahun ke tahun bagi sebagian warga Indonesia. Tak terkecuali warga muslim yang tinggal di pulau-pulau. Salah satunya, warga muslim asal pulau Giliraja di Sumenep, Jawa Timur.

Karena kampung halaman mereka di pulau, otomatis mudiknya ya harus pakai perahu. Tapi ada perjuangannya dulu nih. Kondisi air laut yang surut, terkadang membuat perahu-perahu kecil yang akan mengantar pemudik ke perahu besar tidak bisa bersandar ke dermaga. Mau tidak mau, mereka harus berjalan kaki sambil memanggul barang-barang bawaan. Bahkan sepeda motor juga harus mereka pikul hingga bisa sampai ke atas perahu. 

"Karena airnya surut harus nyemplung dulu. Kalau tidak nyemplung, tidak bisa ke perahu," kata Sutinah, salah satu pemudik asal pulau Giliraja saat ditemui Kontributor NET, pada Jumat, 01 Juli 2016. 

Untuk bisa sampai ke kampung halaman, para pemudik harus menumpang dua perahu. Satu perahu kecil sebagai perahu penghubung dan satu perahu besar yang akan membawa mereka sampai ke pulau tujuan, pulau Giliraja.

"Ini perahu kecil bayar Rp 1.000, kalau perahu yang besar Rp 10 ribu. Jalan di lautnya tidak susah karena sudah biasa," ujar pemudik lain bernama Arif.

Warga pulau Giliraja biasanya menempuh perjalanan pulang kampung melalui Pelabuhan Cangkarman, Kecamatan Bluto, Kabupaten Sumenep. Dari pelabuhan ini pemudik menumpang perahu kecil terlebih dahulu, sebelum berpindah ke perahu yang lebih besar. Total waktu tempuh dari Pelabuhan Cangkarman hingga sampai di Pulau Giliraja, kurang lebih sekitar satu jam perjalanan laut.

DIDIK SETIA BUDI

 

Read More in This Story

DI BALIK CERITA MUDIK TAHUN INI

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments