hero

EDITOR : DEWI RACHMAYANI

2 Juli 2016, 11:05 WIB

AMERIKA SERIKAT

Tidak, langit tidak akan runtuh, Apple akan baik-baik saja. Namun fakta yang ada, tak terelakkan. Untuk pertama kalinya penjualan Apple turun. Pertanyaan senilai miliaran dolar pun muncul untuk iPhone: Apa yang dapat Apple lakukan untuk kembali meningkatkan penjualan produk andalan ini?

iPhone Kini Berusia 9 Tahun

Dibanderol dengan harga 499 USD untuk kapasitas 4 gigabyte dan 599 USD untuk 8 gigabyte, iPhone generasi pertama diluncurkan di Amerika Serikat, 29 Juni 2007. iPhone langsung mengguncang pasar smartphone.

iPhone generasi pertama terjual 6,1 juta unit. Saat ini, Apple menjual iPhone sebanyak itu hanya dalam hitungan minggu. iPhone langsung menjadi pundi-pundi uang bagi Apple. Sebesar 2/3 keuntungan perusahaan berasal dari iPhone. Pertumbuhan penjualan iPhone seperti roket, ini bertahan hampir 9 tahun.

gadgets.ndtv.com

 

2016, Apple Berhenti Tumbuh

Saat ini iPhone masih amat baik untuk perusahaan, masih menjadi produk yang paling banyak mendatangkan keuntungan. Kesuksesan Apple di masa datang masih tergantung kepada iPhone. Namun, penjualan iPhone untuk pertama kalinya turun di pertengahan Maret tahun ini. Penjualannya masih 51,2 juta unit, tapi angka ini turun cukup signifikan dibandingkan penjualan di periode yang sama tahun lalu, yaitu 61 juta unit.

Kenapa turun? Beragam alasannya. Bisa jadi karena pasar smartphone yang semakin matang, bisa jadi karena kian berkurangnya keinginan konsumen untuk meng-upgrade smartphone, atau karena kekecewaan konsumen terhadap produk iPhone 6 yang bermasalah seperti layar yang mudah tergores.

Pasar pun menanti apa yang akan Apple lakukan untuk mengembalikan pertumbuhan penjualannya. Pasar juga bertanya-tanya,  apakah benar-benar ada yang dapat Apple lakukan untuk hal ini?

Macworld

 

Menanti iPhone 7

Banyak pihak menanti tahun 2017, saat dimana iPhone akan berulang tahun ke-10. Mereka menanti hal besar yang akan dilakukan Apple. Ini karena beredar kabar bahwa di usia ke-10, iPhone akan melakukan perubahan desain besar-besaran. Diantaranya seluruh body akan dilapisi kaca, layar akan dikontrol oleh sensor sidik jari, juga akan ada speaker di layar.

Terkait penampilan, banyak pihak menduga iPhone 7 akan serupa dengan iPhone 6. Namun, kita tidak tahu perubahan apa yang disiapkan untuk 'jeroannya'. Bisa saja diam-diam perusahaan telah menyiapkan kejutan, sesuatu yang membuat konsumen berpikir harus memiliki produk tersebut.

Sayangnya kita tidak akan tahu setidaknya sampai September tahun ini saat Apple membuka kartu mereka. Setelah itu, apakah kita akan melihat pertumbuhan penjualan lagi?

Meremehkan perusahaan yang telah mendefinisi ulang wajah smartphone selama 9 tahun terakhir, tentu tindakan bodoh. Karena di industri di mana kecepatan dan sentuhan personal amat penting, sebuah perusahaan tidak akan mencapai angka 9 tahun jika tidak melakukan banyak terobosan.

APPLEINSIDER.COM

 

 

 

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments