EDITOR : PUTU DYAH

30 Juni 2016, 11:15 WIB

NORWEGIA

Tulisan kaligrafi menghiasi ubin berwarna yang mengelilingi dinding World Islamic Mission atau First Jame Mosque. Arsitekturnya menawan dengan gabungan gaya Spanyol dan Iran. Inilah bangunan pertama yang diperuntukkan sebagai masjid di Norwegia.

Kaligrafi di salah satu sudut masjid. (NET/ Doni F.) 

Ada tiga tingkat di dalam masjid. Lantai pertama difungsikan untuk ruang belajar. Sementara lantai kedua dan ketiga dipakai untuk salat. Bangunan ini bisa menampung sampai 1500 orang. Pembangunan masjid terus berjalan karena masih terkendala masalah finansial. Untuk renovasi masjid, membutuhkan dana Kr 9-10 juta atau Rp 14-15 miliar.  

Kegiatan mengaji yang diadakan di World Islamic Mission. (NET/ Doni F.)

“Norwegia adalah negara yang mahal dan tentunya perlu izin untuk membangun. Semua harus diperhitungkan karena sangat penting membangun masjid tanpa mengganggu lingkungan sekitar,” cerita Mehtab Afsar, Sekjen Islamsk Råd Norge.

Di negara demokratis seperti Norwegia, tetap ada tantangan yang ditemui umat muslim. Tapi asalkan menjunjung sikap menghargai, setiap kegiatan ibadah bisa tetap dijalani. Negara ini memang mengutamakan hak asasi. Kesetaraan juga dirasakan oleh siswa-siswa di Valerenga, klub sepakbola terbesar dengan lebih dari 400 anggota dari berbagai latar belakang.

Aktivitas anggota klub sepakbola Valerenga. (NET/ Doni F.)

Di lapangan hijau, anak-anak muslim bebas menyalurkan hobinya sambil menjalankan syariat agama. Seperti Aicha Yogil, remaja 12 tahun keturunan Maroko. “Tidak ada kesulitan dengan berjilbab. Tidak pernah ada diskriminasi. Sebagai muslim saya ingin menutup aurat saya, itu sudah konsekuensi,” cerita Aicha.  

Tidak heran, Norwegia terpilih sebagai negara paling damai di dunia versi Global Peace Index. Meski dulunya dikenal sebagai tempat para Viking yang dikonotasikan buruk, kini negara Skandinavia ini berubah menjadi tempat yang welas asih. Cerita tentang damainya hidup di Norwegia, ada dalam program Muslim Traveler NET, Jumat 1 Juli 2016, pukul 04.30-05.00 WIB.

REYSKA RAMDHANY 

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments