EDITOR : PUTU DYAH

30 Juni 2016, 03:25 WIB

GEORGIA

Sebuah video dari UNICEF bisa menyadarkan kita untuk nggak menilai seseorang dari penampilannya saja atau istilah kerennya don't judge a book by it's cover. Video eksperimen sosial berjudul ‘Would you stop if you saw this little girl on the street?’ jadi contohnya.

 

Tayangan berdurasi tiga menit ini diperankan Anano, seorang artis berusia 6 tahun yang diubah penampilannya. Ternyata respon orang-orang di sekitarnya tergantung pada dandanan gadis kecil ini. 


Dalam adegan pertama Anano seolah tersesat di tengah jalan di Tbilisi, Georgia. Anano yang tampil imut dengan blazer dan sepatu boot didatangi banyak orang. Sementara saat tampak kumal, nggak ada satu orang pun yang menghampiri dia.

Anano dengan penampilan cantiknya. (Dok/UNICEF)

Percobaan kedua berlangsung di restoran. Dengan penampilan cantik, orang-orang mengajak Anano untuk makan bersama di mejanya. Tapi saat menjadi anak jalanan, gadis cilik ini diusir. “Can you take her out please,” kata salah satu pelanggan restoran.

Anano saat tampil sebagai anak jalanan. (Dok/ UNICEF)

Akhirnya eksperimen dihentikan karena Anano nggak bisa menahan rasa sedihnya sendiri. Apalagi setelah ia mendapat penolakan dari orang-orang dewasa di sekitarnya. “Karena wajah saya ditutupi debu dan semua pakaian saya kotor, ini membuat saya sedih. Saya tidak tahu. Semua bilang agar saya menjauh,” kata Anano.


Video yang rilis 28 Juni 2016 ini sudah ditonton lebih dari 1 juta orang di Facebook. Walaupun diperankan artis cilik, kejadian yang dialami Anano adalah fakta. Kejadian ini sering dialami anak-anak yang hidup di bawah garis kemiskinan. Lewat klipnya, UNICEF menebarkan kampanye #fightunfair dan #foreverychild agar setiap anak mendapat perlakuan adil di manapun dan bagaimana pun kondisi mereka. Pesan moralnya: be fair and don’t judge anyone by their look. 

 

UNICEF

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments