EDITOR : DEWI RACHMAYANI

29 Juni 2016, 20:20 WIB

YUNANI

Pernikahan ala Yunani, jadi mimpi banyak pasangan. Dan ke Santorini lah mereka datang untuk wujudkan mimpi itu. Santorini, adalah salah satu pulau di Yunani yang jadi destinasi utama wisatawan.

Laut Aegean (APTN)

 

Salah satu pasangan yang bermimpi akan pernikahan romantis di Santorini adalah Hector dan Victoria, warga negara Cile. Mereka bertemu 6 bulan lalu, dan di bulan Juni ini, mereka mengikrarkan janji suci di hadapan indahnya panorama laut Aegean. “Kami sadar dibandingkan di Cile, harga menikah di Santorini 5 kali lebih mahal. Namun, pernikahan di Cile tidak akan pernah seindah jika kami melakukannya di sini, di Santorini,” tutur sang mempelai pria Hector kepada APTN.

Victoria dan Hector, pasangan asal Cile (APTN)

 

Salah satu yang sibuk dengan booming pernikahan di Santorini adalah Ioannis Kavallaries. Ia pengelola satu dari 3 lembaga resmi penyelenggara pernikahan di Santorini. “Saya terjun sebagai penyelenggara pernikahan sejak 20 tahun lalu. Awalnya sangat sedikit peminatnya. Berkat pemandangan yang amat indah ini, minat semakin meningkat. Sekarang, setiap tahunnya di Santorini ada lebih dari seribu pernikahan,” kata Kavallaries.

Resepsi di tebing Santorini (APTN)

 

Penyelenggara pernikahan lain, Shirley Chiarolanzio bahkan memperkirakan jumlahnya dua kali lipat, yaitu dua ribu pernikahan dalam satu tahun. “Santorini amat unik untuk tempat pernikahan. Ini salah satu pulau tercantik. Ini tempat yang harus dikunjungi sebelum kamu meninggal. Jadi, banyak orang datang ke tempat ini karena alasan itu,” kata Chiarolanzio.

Kesibukan Penyelenggara Pernikahan (APTN)

 

Dalam beberapa tahun terakhir, lebih dari 1 juta wisatawan mengunjungi Santorini setiap tahunnya. Di tahun 2011, jumlahnya bahkan hampir melampaui 2 juta orang. Sekitar 80 persennya merupakan warga negara asing. Ini mempengaruhi pergerakan ekonomi, tahun 2014 dan 2015 menjadi tahun tersibuk bagi industri perhotelan.

Membeludaknya turis di Santorini, dimulai sejak booming internet di awal tahun 2000-an. Foto-foto yang menampilkan keindahan alam Santorini menyebar dengan cepatnya. Popularitas Santorini sebagai destinasi wisata kelas dunia pun langsung terangkat.

Tingginya minat turis untuk berwisata, beriringan dengan tingginya minat warga dunia untuk menikah di pulau ini. Chiarolanzio masih ingat, saat ia dulu kerap sulit menemukan gelas kristal atau fotografer lokal yang mumpuni. Kini? Industri pernikahan di Santorini telah demikian majunya, tak kalah dengan New York dan London.  “Orang Santorini sadar bahwa industri pernikahan ini jadi ladang uang. Contohnya seorang pembuat roti yang telah puluhan tahun tinggal di sini, ia sadar bahwa ia harus meremajakan kue bikinannya, mengikuti tren terkini jika ia ingin terus mendapatkan klien,” kata Chiarolanzio.

Santorini menyediakan berbagai macam jenis pesta. Pesta sipil atau keagamaan, sederhana atau super mewah, semua bisa dilakukan tergantung permintaan. Kebanyakan klien mereka adalah warga Amerika, Australia dan Inggris.

Pesta pernikahan Allen Zoughaib dan Rajaa Chami (APTN)

 

Salah satu pasangan yang menikah di pulau ini adalah Allen Zoughaib dan Rajaa Chami, pasangan asal Lebanon yang berdomisili di Dubai. Mereka tidak menginginkan pesta yang besar. “Pernikahan Lebanon seperti festival, dihadiri 250 hingga 300 orang. Tamu datang ingin melihatmu. Padahal saya ingin pernikahan yang sangat kekeluargaan. Saya ingin berkumpul hanya bersama orang-orang yang saya inginkan,” kata Rajaa.

Dan di 5 Juni 2016, Ahmed dan Rajaa mengundang 25 orang di hari pernikahan mereka. Senja di Santorini, menjadi penutup hari istimewa mereka.

APTN

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments