hero
Islandia merayakan gol. (UEFA)

UEFA EURO 2016

EDITOR : TITO SIANIPAR

28 Juni 2016, 17:35 WIB

PERANCIS

Islandia sukses memberikan kejutan dengan mengalahkan Inggris di Stadion Allianz Riviera, Nice, Selasa 28 Juni 2016 dini hari, dengan skor tipis 2-1. Tim debutan sukses memulangkan salah satu favorit juara.

Inggris unggul lebih dulu setelah mendapatkan hadiah penalti akibat Hannes Halldorsson melanggar Raheem Sterling di kotak terlarang. Sang kapten Wayne Rooney sukses menjalankan tugasnya sebagai algojo.

Namun, anak asuh Lars Lagerbaeck hanya membutukan waktu  2 menit saja untuk menyamakan kedudukan. Ragnar Sugudsson mencetak gol lewat serangan balik memanfaatkan umpan pamjang Karki Arnason.

Unggul 63% penguasaan bola tak mampu dimaksimalkan pasilan The Three Lions. Pada menit ke-18, Islandia justru berbalik unggul lewat gol Kolbein Sigthorsson menaklukkan Joe Hart. 

Tertinggal 1-2, Inggris menciptakan sejumlah peluang di depan gawang Islandia. Penyelesaian akhir yang terburu-buru dan garangnya permainan Islandia menjadi penghalang The Three Lions mencetak gol.

Melakukan 6 tendangan ke gawang dari 11 percobaan, Inggris tetap tak mampu meengembalikkan keadaan. Dengan hasil ini, Islandia lolos ke babak 8 besar, dan akan bertemu dengan tuan rumah Perancis di Stade de France, 4 Juli mendatang.

"Ini kemenangan besar. Ini adalah penampilan tim. Kami bertahan dengan baik, terorganisasi dengan baik, melakukan tugasnya, dan membaca permainan," kata pelatih Islandia Lars Lagerback, seperti dikutip UEFA.

Kegembiraan Islandia berbanding terbalik dengan Inggris. "Saya sangat kecewa malam ini. Terhadap hasil ini dan juga terhadap keluarnya kami dari turnamen ini," kata pelatih Inggris Roy Hodgson.

Di partai lainnya, Italia sukses menundukkan juara bertahan Spanyol dengan skor 2-0. Di babak perempat final Italia akan berhadapan dengan Jerman.

Fazar Zulfachmi

Susunan Pemain:
Islandia: Halldorsson; Saevarsson, Skulason,  Sigurdsson, Arnason; Gudmundsson, Gunnarsson, Bjarnason, Boedvarsson (Traustason 88), Sigthorsson (Bjarnason 77)
Inggris: Hart; Rose, Cahill, Smalling, Walker; Alli, Dier (Wilshere 46), Sterling (Vardy 60), Rooney (Rashford 87); Sturridge, Kane

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments