EDITOR : DASNITA M. SINAGA

26 Juni 2016, 15:02 WIB

YOGYAKARTA, INDONESIA

Buat kamu yang sudah mulai mudik atau sedang berlibur di kota lain, saat traveling juga bisa dijadikan momen istimewa sambil menunggu buka puasa atau ngabuburit bersama teman dan keluarga lho.

Tempat berbuka puasa gaya traveler biasanya bukan di kafe-kafe cantik dengan suasana nyaman, namun turun ke jalan mengunjungi wisata alam, menyusuri pasar-pasar dadakan yang diadakan hanya pada bulan Ramadan. Berikut 4 tempat ngabuburit asik di Yogyakarta rekomendasi dari vlogger Bayu Setiawan

1. Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus yang ada di daerah Bantul ini memang asik banget dijadikan tempat untuk bersantai sambil menunggu waktu berbuka. Selain udaranya sejuk, ribuan pohon pinus yang berdiri tegak dan rapi  bisa kamu jadikan background untuk foto wefie bersama teman-teman. Di Hutan Pinus Imogiri Bantul ini kamu juga akan merasakan ketenangan dan bersatu dengan alam.

2. Bukit Panguk Kediwung

Bukit Panguk, www.ingrum.net

Wisata alam yang satu ini memang masih baru di Bantul. Meski begitu bukit Pangkuk menyuguhkan keindahan alam perbukitan yang memesona, nggak kalah deh sama obyek wisata lain di Yogyakarta. Di bawah bukit, terdapat aliran sungai Oya yang semakin menambah keindahan bukit Panguk. Sementara di sekelilingnya, kamu akan dimanjakan oleh rimbunnya pepohonan hijau, pas banget untuk ngadem, mebuat foto-foto selfie, atau bahkan nge-vlog yang sekarang lagi hits.

3. Kampung Ramadan Jogokaryan

Kampung Ramadan Jogokaryan, www.unisifm.com

Setiap memasuki bulan suci Ramadan, kawasan di sekitar Masjid Jogokaryan ini disulap menjadi pasar dadakan. Berbagai jenis jajanan takjil digelar di sepanjang jalan, mulai dari jajan pasar hingga bento khas Jepang semua ada. Tak hanya makanan saja, pedagang pakaian dan mainan pun ikut menambah ramai pasar sore ini. Kebanyakan yang dijual adalah pakaian Muslim dan keperluan ibadah.

4. Masjid Universitas Dahlan

Masjid Universitas Dahlan, overloops.com

Masjid yang berada di Jalan Lingkar Selatan, Yogyakarta ini berdiri megah dengan daya tampang 3000 jamaah. Ramadhan tahun ini Masjid Islamic Center UAD mulai difungsikan untuk kegiatan ibadah salat lima waktu, tarawih, shalat Jumat, pengajian dan kajian. Mengusung konsep ramah lingkungan atau Go Green, nggak heran semua lampu di area Masjid menggunakan lampu LED. Rumah ibadah yang dikerjakan selama 16 bulan ini, juga menggunakan AC yang disetting dengan sirkulasi udara agar lebih sejuk. Sementara air wudhu sudah diolah terlebih dulu supaya jernih. So, habis ngabuburit dan buka puasa di sekitar Yogyakarta, salat tarawihnya jangan lupa singgah kesini ya!

Punya tempat ngabuburit asik di kotamu? Yuk! berbagi rekomendasinya seperti Bayu Setiawan. Caranya mudah, download aplikasi NET Jalan Jalan di Appstore dan Playstore lalu buat vlog berdurasi 1 menit 30 detik tentang kegiatan ngabuburitmu bareng sahabat-sahabatmu. Vlog dengan likes terbanyak bakal tayang di NET Media dan punya kesempatan meraih hadiah utama sebesar Rp 3 juta rupiah.

VLOGGER: BAYU SETIAWAN

7

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments