hero

Murid MTsN ciptakan energi listrik

EDITOR : DASNITA M. SINAGA

24 Juni 2016, 08:05 WIB

ACEH, INDONESIA

Kita harus bangga dengan remaja laki-laki asal Aceh ini. Namanya Naufal Raziq, siswa MTsN Langsa Lama. Di tengah keterbatasan, remaja 14 tahun ini mampu menghasilkan sesuatu yang sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya. 

Dikutip dari National Geographic, Naufal mendapat ide dari pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam tentang pohon yang mengandung asam bisa menghasilkan energi listrik. Untuk membuktikannya Naufal kemudian mencari pohon yang mempunyai kadar asam sangat tinggi yakni pohon kedondong. "Mengapa saya menggunakan pohon ini, karena selain kadar asamnya tinggi, ia juga sangat kokoh," ujarnya.

Hasil temuan energi listrik dari pohon kayu ini memang sederhana. Rangkaiannya hanya terdiri dari pipa tembaga, batangan besi, kapasitor dan diode saja. Arus listrik yang dihasilkan pun sangat tergantung dari kadar keasaman pohon.

“Untuk penerangan rumah sudah bisa tapi belum bisa untuk alat elektronik rumah tangga, karena voltasenya masih kecil dan amperenya pun masih lemah,’ kata siswa kelas 3 MTsN ini.

Sebelum berhasil menemukan energi listrik, Naufal melakukan percobaan sebanyak 60 kali dibantu ayahnya yang bekerja sebagai teknisi elektronik di kampungnya.Naufal melakukan berbagai percobaan menggunakan alat-alat milik ayahnya. 

Sejak melakukan uji coba tahun 2014 lalu, Naufal menghabiskan biaya sekitar Rp 14 juta. Beruntung remaja berambut lurus ini mendapat dukungan dari guru SD Anita dan guru dari MTsN Fakrayanti yang membawanya ke kontes TTG. Uang pembinaan senilai Rp 9 juta digunakan untuk pembeli perangkat belajar seperti laptop, printer dan barang elektronik lainnya guna pengembangan hasil temuannya.

Naufal adalah contoh remaja Indonesia yang berprestasi, ia merupakan aset daerah yang harus didukung oleh semua pihak. Ia bercita-cita menjadi ilmuwan di masa yang akan datang.

 

DASNITA | NATIONAL GEOGRAPHIC INDONESIA

 

4

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments