hero
Ifa Sudewi di KPK, 22 Juni 2016. (NET/Wisnu Adi)

EDITOR : TITO SIANIPAR

22 Juni 2016, 23:00 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Komisi Pemberantasan Korupsi memeriksa Ketua Majelis Hakim yang menyidangkan pedangdut Saipul Jamil, Ifa Sudewi. "Saya ditanya apakah saya mengenal Rohadi. Saya bilang mengenal," kata Ifa kepada wartawan seusai diperiksa, Jakarta, Rabu, 22 Juni 2016.

Rohadi adalah panitera di Pengadilan Negeri Jakarta Utara. Bersama tiga orang lainnya, ia ditetapkan sebagai tersangka suap. Yakni dua pengacara Saipul, Berta Natalia dan Kasman Sangaji, serta kakak Saipul, Samsul Hidayatullah.

Ifa membantah jika Rohadi berkomunikasi soal kasus Saipul hingga putusan hakim dibuat. "Apakah Rohadi pernah menghubungi saya berkaitan itu, tidak pernah sama sekali," kata Ifa. Vonis yang dijatuhkan, kata Ifa, adalah hasil kesepakatan majelis hakim.

KPK menangkap Berta pada 15 Juni 2016 setelah memberikan suap Rp 250 juta kepada Rohadi. Menyusul kemudian Samsul ditangkap KPK. Suap diduga terkait vonis kasus asusila terdakwa Saipul.

Saipul dihukum 3 tahun penjara dalam perkara tindak pidana asusila terhadap anak di bawah umur pada 14 Juni 2016. Putusan hakim tersebut jauh lebih ringan dibandingkan tuntutan jaksa, 7 tahun penjara dan denda Rp 100 juta.

Ifa sendiri membantah sudah diperiksa oleh Mahkamah Agung terkait kasus ini. Kedatangannya ke MA, kata dia, terkait jabatannya sebagai Wakil Ketua PN Jakarta Utara. "Mahkamah Agung kan orangtua saya. Jadi saya melapor ke Mahkamah Agung sebagai orangtua saya," kata dia.

Ifa yang dipromosikan menjadi Ketua PN Sidoarjo menolak dikaitkan dengan kasus suap. Bahkan ia juga membantah ruangannya digeledah KPK. "Justru ruangan saya digunakan oleh KPK, dipinjam KPK untuk meneliti berkas-berkas yang diambil dari ruangannya Rohadi."

FELLYA HARTONO

Berita terkait:
Saipul Jamil Dihukum 3 Tahun Penjara
KPK Tangkap Pengacara Suap Panitera
KPK Sita Rp 250 Juta dari Pihak Saipul Jamil

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments