hero
Presiden Joko Widodo. (NET)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

21 Juni 2016, 10:42 WIB

JAKARTA, INDONESIA

1. Presiden Doyan Minum Sari Kacang Ijo
Presiden Joko Widodo punya rahasia khusus untuk menjaga staminanya yakni dengan minum
sari kacang hijau. Sari kacang hijau tersebut adalah resep racikan istrinya Iriana. Minuman andalan Jokowi itu merupakan campuran dari gula jawa, jahe, dan temulawak. Kebiasaan minum sari kacang hijau telah dilakukan sejak masih sebagai pengusaha mebel. Sari kacang hijau juga pernah diungkapkan Jokowi sebagai resep kuat di balik blusukannya sepanjang hari.

2. Presiden Doyan Makan Masakan Padang dan Seafood
Tidak hanya sering minum sari kacang hijau, sejak menjabat Gubernur DKI Jakarta hingga menjadi presiden, Jokowi juga memiliki hobi wisata kuliner. Beberapa restoran mulai dari masakan padang dan seafood kerap ia sambangi di sela-sela agenda blusukannya. Jokowi kerap mengunjungi rumah makan Padang Medan Baru yang terletak di kawasan Sunter Agung, Jakarta Utara. Gulai kepala kakap dan burung punai goreng menjadi menu favorit ketika berada disini. Sedangkan untuk seafood, Jokowi kerap mengunjungi rumah makan Seafood Wiro Sableng yang terletak di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara. Menu kerang bambu saos padang atau bumbu tauco dan gurame goreng kipas dan cumi bakarnya. Beberapa awak media juga sering ditraktir tempat ini.

3. Presiden Gemar Blusukan
Kebiasaan blusukan Presiden Jokowi telah dilakukan sejak lama yakni ketika masih menjabat sebagai Wali Kota Solo. Bahkan blusukan dibawa Jokowi ketika menjadi Gubernur DKI Jakarta hingga menduduki jabatan sebagai Presiden RI. Jokowi tampaknya tahu betul jika blusukan sangat melekat pada gaya kepemimpinannya. Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull hingga pendiri Facebook Mark Zuckerberg pernah diajak Jokowi blusukan ke Tanah Abang untuk melihat pusat tekstil terbesar di Asia Tenggara tersebut.

4. Presiden Baru Dilantik Langsung Menaikan Harga BBM
Belum sebulan setelah dilantik menjadi presiden pada 20 Oktober 2014, Jokowi langsung menaikan harga BBM pada 17 November 2014. Presiden Indonesia ke-7 ini, menaikan harga bbm dari Rp 6.500 menjadi Rp 8.500 per liter. Sedangkan solar naik dari Rp 5.500 menjadi Rp 7.500 per liter. Keputusanya ini menjadikan Jokowi sebagai presiden dengan rekor tercepat menaikan harga bbm bersubsidi.

5. Presiden Setuju Hukuman Kebiri
Maraknya kejahatan seksual terhadap anak menjadikan memantapkan Presiden Joko Widodo untuk menandatangani Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2016 tentang perubahan kedua Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Perppu ini turut mengatur
hukuman kebiri bagi pelaku kejahatan seksual terhadap anak. Jokowi mengatakan, kejahatan seksual anak merupakan kejahatan luar biasa karena mengancam dan membahayakan jiwa serta tumbuh kembang anak.

6. Presiden yang Mengeksekusi Mati Terpidana Narkoba
Sejak dilantik menjadi presiden, Jokowi langsung melancarkan genderang perang terhadap narkoba. Tidak tanggung-tanggung sudah dua gelombang proses eksekusi mati dilakukan. Belasan terpidana mati juga telah diesekusi. Belakangan ini sejumlah isu beredar, usai perayaan Hari Raya Idul Fitri nanti eksekusi gelombang ketiga akan kembali dilakukan.

7. Presiden yang Tegas Menenggelamkan Kapal Asing
Tak hanya narkoba, Jokowi juga mendukung kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang menenggelamkan kapal asing saat tertangkap mencuri ikan di wilayah perairan Indonesia. Tercatat hingga Februari 2016 sudah 151 kapal asing diledakkan setelah melalui proses di pengadilan.

8. Presiden Kerap Naik Pesawat Ekonomi dengan Nomor Kursi Khusus
Kebiasaan lain dari Presiden Jokowi yakni kerap menggunakan pesawat komersil kelas ekonomi. Terakhir saat Jokowi bersama Ibu Negara Iriana bertolak ke Singapura untuk menghadiri wisuda putra bungsunya Kaesang Pangarep dengan menumpang pesawat Garuda Indonesia pada 29 Januari 2015. Tidak hanyak soal kelas ekonomi yang dipilihnya, namun juga nomor kursi khusus. Jokowi kerap duduk di bangku belakang dengan nomor kursi 29. Entah apa yang menyebabkan Jokowi memilih nomor tersebut.

9. Presiden yang Tidak Malu Untuk Berbelanja Sendiri
Kebiasaan lain dari Presiden Joko Widodo ketika blusukan ke beberapa daerah yakni belanja. Jokowi tidak malu untuk mencari barang kebutuhannya sendiri mulai dari sepatu, majalah untuk Ibu Negara Iriana hingga pakaian dalam. Seperti yang terjadi ketika dirinya mengunjungi Suzuya Department Store yang berada di Aceh, pada Rabu, 1 Juni 2016 malam. Jokowi tanpa sungkan membeli
lima kaos dalam berwarna putih.

 

 

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments