hero
Pemain Wales merayakan gol. (UEFA)

UEFA EURO 2016

EDITOR : TITO SIANIPAR

21 Juni 2016, 15:30 WIB

PERANCIS

Wales menundukkan Rusia dengan skor 3-0 di laga ke-3 lanjutan Euro 2016, di Stadium Municipal, Toulouse, Perancis, 21 Juni 2016 dini hari. Wales lolos sebagai juara grup B yang juga berisikan Inggris dan Slovakia.

Tampil percaya diri, tim yang baru pertama kali turun di ajang sepak bola 4 tahunan Eropa ini berhasil unggul lewat gol Aaron Ramsey, Neill Taylor, dan Gareth Bale. Selain memastikan lolos, kemenangan itu juga jadi kemenangan pertama atas Russia dari 9 kali pertemuan mereka di semua ajang.

Menguasai laga dengan 52% penguasaan bola, Gareth Bale dan kawan-kawan tampil impresif dengan 19 kali meneror gawang Igor Akinfeev. Dari 12 tembakan ke arah gawang, Akinfeev hanya mampu menepis 8 tembakan dan 3 sisanya berbuah gol bagi skuat naga merah.

Punggawa Arsenal, Aaron Ramsey membuka keran gol di menit 11' setelah berhasil lolos dari penjagaan bek-bek Russia dan berhadapan langsung dengan Akinfeev. Umpan terobosan Joe Allen dikonversikannya menjadi gol.

Terus tampil menekan, bek sayap Neil Taylor berhasil menciptakan gol tambahan memanfaatkan di menit ke-20. Di paruh babak kedua, Bale meneruskan tren positifnya dengan mencetak gol ke 3 bagi Wales. Bale menjadi pemain yang paling rajin melepas tendangan ke gawang Akinfeev dengan total dari 8 shot. Meski begitu, Aaron Ramsey tampil sebagai Man of The Match lewat sumbangan 1 gol dan 1 assist-nya.

"Ini adalah penampilan terbaik baik kami sejauh ini. Kami tidak datang ke sini hanya untuk mencetak poin. Kami ingin memenangkan grup ini, dimana usaha kami mungkin tidak mungkin terulang lagi," ujar Bale.

Hingga akhir pluit panjang ditiupkan, usaha Rusia membalikkan keadaan lewat 29 kali percobaan umpan crossing dari sisi sayap pertahan Wales tidak satu pun berbuah gol. Dalam laga ini, Ashley Williams dan kawan-kawan memang tampil disiplin dalam mengawal ketat serangan Russia yang dipimpin Artem Dzyuba.

Dari laga lain, di Stadium Stade Geoffroy-Guichard, Inggris harus menerima kenyataan hanya jadi runner up grup B Euro 2016 setelah gagal menumbangkan Slovakia. Buruknya penyelesaian akhir skuad  The Three Lions membuat laga berkesudahan dengan skor kacamata 0-0. 

Walau banyak menciptakan peluang dengan 29 kali tembakan, hanya 5 saja yang mengarah ke target, total tingkat akurasi tembakan Jamie Vardy dan kawan-kawan hanya mencapai 31% saja. Dengan hasil ini, anak asuhan Roy Hodgson akan bertemu dengan runner up Grup F.

ARIE NUGRAHA | UEFA.COM

Susunan Pemain:
Rusia:
Akinfeev; Smolnikov, V.Berezutski (A. Berezutski, 46')), Ignashevich, Kombarov; Kokorin, Mamaev, Glushakov, Smolov (Samedov, 70'); Shirokov (Golovin, 52'); Dzyuba.
Wales: Hennessey; Chester, Williams, Davies; Gunter, Allen (Edwards, 74'), Ledley (King, 76'), Taylor; Ramsey, Vokes, Bale (Church, 83').

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments