hero

EDITOR : DASNITA M. SINAGA

20 Juni 2016, 20:30 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Ingin mencicipi kuliner khas Korea tapi ragu makanannya nggak halal?  Jangan khawatir, Citizen Journalist Fauzan Saputra sudah merangkum 4 menu halal khas negeri ginseng yang bisa kamu coba:

1. Maeuntang

Sup ikan pedas ini adalah salah satu makanan tradisional Korea Selatan yang sangat recommended bagi traveller muslim. Maeuntang berbahan dasar ikan yang direbus yang diberi bumbu rempah dan cabai gochujang yang terkenal dengan rasa pedasnya.

Kamu bisa memilih jenis ikan yang akan dijadikan Maeuntang, seperti ikan kod, bass atau kakap merah. Sup ikan ini di sajikan di hotplate sehingga akan terus hangat meski sedang dikonsumsi.

Maeutang menjadi makanan favorit masyarakat Korea pada musim dingin karena rasanya yang pedas dan daging ikan yang kenyal, cocok untuk menghangatkan tubuh.

2. Samgyetang

Samgyetang atau sup ayam ginseng yang disajikan pada musim panas. Terbuat dari ayam muda yang direbus secara utuh selama 2 hingga 3 jam. Uniknya sup ini disajikan dengan nasi ketan didalam ayam.

Samgyetang termasuk makanan yang bergizi dan baik untuk menjaga kesehatan di musim panas. Setelah makan sup ayam ginseng tubuh akan berkeringat dan tidak lemas. Orang Korea biasanya menikmati Samgyetang pada tiga hari istimewa yaitu chobok, jungbok dan malbok yang merupakan tiga hari terpanas dalam setahun.

Protein dan mineral dari seekor ayam utuh, yang direbus dengan tanaman obat dipercaya bisa merangsang sistem kekebalan tubuh dan saraf serta mengurangi kelelahan.

3. Kimchi

Kalau kamu suka makanan dengan citarasa asam dan pedas, wajib nyobain Kimchi saat liburan di Korea. Makanan tradisional Korea ini  terbuat dari sayur sawi dan lobak putih yang  difermentasi.

Ini yang penting, bumbu fermentasi bebas dari alkohol karena terbuat dari parutan wortel merah, bubuk cabe dan jus buah pir. Setelah diberi bumbu, sayur fermentasi ini disimpan di kulkas selama 1 minggu hingga 1 tahun.

Di Korea, kimchi selalu dihidangkan di waktu makan sebagai menu pembuka. Kimchi juga digunakan sebagai bumbu memasak sup kimchi, nasi goreng kimchi dan berbagai masakan lain.

4. Bulgalbi

Buat kamu yang nggak doyan makan ikan dan ayam, bulgalbi bisa jadi pilihan. Daging sapi yang digunakan adalah bagian iga. Lembaran daging sapi dimasak dengan cara dipanggang atau ditumis dalam pan. Sebelum dimasak irisan daging sapi sudah direndam dulu dengan kecap, gula, minyak wijen, lada dan jahe agar teksturnya lembut dan rasanya lezat

Cara memakannya, bungkus bulgalbi dengan daun selada, kemudian diisi dengan bawang putih bakar, nasi, sayuran dan saus khusus. 

 

Citizen Journalist: FAUZAN SAPUTRA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments