hero
Cleveland Caveliers juara NBA 2016. (Guardian)

Final NBA 2016

EDITOR : TITO SIANIPAR

20 Juni 2016, 20:05 WIB

AMERIKA SERIKAT

"Saya kembali (ke Cleveland) untuk memberikan trofi bagi Ohio," ujar Lebron James, dua tahun lalu saat hijrah dari Miami Heat. Dua tahun setelahnya, atau Senin, 20 Juni 2016 pagi, King James buktikan ucapan.

Pada game ke-7 yang digelar di markas Golden State Warriors, Oracle Arena, Lebron dan timnya menang 93-89. Mereka meraih trofi perdana NBA untuk Cleveland Cavaliers dengan agregat 4-3. Lebron juga dinobatkan sebagai MVP final di pertandingan ini. 

Final tahun ini adalah kisah lawan yang sama dengan akhir cerita yang berbeda. Cavs taklukan Warriors yang superior di musim 2015/2016 ini, membalaskan dendam tahun lalu. 

Gelar ini semakin terasa spesial karena Cavaliers tahun ini memakai jasa pelatih baru Tyronn Lue. Lue mengulang kisah pelatih Steve Kerrdi musim sebelumnya dengan menjadi pelatih rookie yang sukses raih trofi di musim perdana. Lue bahkan tidak sepenuh musim, karena baru melatih di pertengahan musim menggantikan David Blatt.

Bagi Lue, strategi adalah kunci. Terutama dengan dua pilar seperti James dan Kyrie Irving. James mencetak triple double dengan 27 poin, 11 assist dan 11 rebound. Sementara Irving tak kalah krusial dengan sumbangan 26 poin termasuk di detik-detik akhir.

Melawan Warriors yang memecahkan rekor 73 kali kemenangan di playoffs bukan hal yang mudah. Namun cavs mampu mendominasi pertandingan. Hanya kuarter kedua Warriors bisa unggul dari Cavs. Tiga lainnya jadi milik Cavs.

Permainan fisik ala Cavs dengan kokohnya petahanan menyulitkan ruang gerak Stephen Curry dan Klay Thompson. Penampilan terbaik dari kubu Warriors justru ditunjukan Draymond Green dengan torehan 32 poinnya.

Cerita indah dari awal musim menaungi Warriors. Banyak yang percaya Warriors akan meraih back to back, mulai dari superioritas mereka di playoffs, perjuangan membalikkan keadaan saat melawan Oklahoma City Thunder di final wilayah barat, hingga melawan Cavaliers yang hanya bertumpu pada James.

Namun satu yang tak bisa dipungkiri: seorang Lebron James mampu mengubah semuanya. Bahkan merusak pesta yang sudah dipersiapkan di kandang Warriors.

Gelar King James makin layak disematkan. Sudah 3 cincin NBA dikoleksi James. Ditambah 4 gelar MVP, James kini sejajar dengan Michael Jordan dan Bill Russell.

Selain itu, James dan Cavs berhasil membawa kebanggaan untuk warga Ohio dan Cleveland khususnya. Sejak 1969, hanya Cleveland Cavaliers yang membawa trofi dari sekian banyak tim olahraga yang ada di kota tersebut.

GIETA MAHYARANI| NBA.COM| SI.COM

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments