EDITOR : FIRZA ARIFIEN

19 Juni 2016, 16:15 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Penumpang bus wisata Jakarta akan semakin aman dan nyaman. Buktinya, 5 bus wisata kini dilengkapi dengan kamera pengawas atau CCTV. Kamera diletakkan di dalam bus sehingga akan lebih mudah mendeteksi jika sewaktu-waktu terjadi tindak kejahatan. 

Selain itu, penyandang disabilitas juga akan dimanjakan dengan bus ini. Dek atau pijakan bus bisa dibuka untuk menjadi jalur masuk kursi roda yang biasa digunakan para difabel. Tempat duduk juga ramah difabel. Kursi roda bisa diikatkan ke kursi bus sehingga penyandang disabilitas tidak akan bergeser dari tempatnya saat bus berjalan. Bus juga dilengkapi dengan tabung pemadam kebakaran dan kotak P3K.

Kelima bus tingkat ini merupakan hibah dari Tahir Foundation kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Penyerahannya dilakukan Jumat, 17 Juni 2016, di Balai Kota DKI. Bus akan beroperasi secepatnya di bawah operator PT. TransportasI Jakarta.

"Sudah beres semua, uji KIR, STNK juga sudah, tinggal beroperasi," ujar Direktur Utama PT. Transportasi Jakarta Budi Kaliwono.

Lima bus wisata tersebut dijadwalkan mulai beroperasi akhir pekan ini untuk mengakomodasi penumpang yang semakin ramai. Di akhir pekan, penumpang bahkan bisa mencapai 5 ribu orang. Dengan adanya penambahan 5 bus wisata baru, waktu tunggu bisa dipercepat. 

Dengan adanya tambahan 5 bus baru, PT. Transportasi Jakarta total sudah memiliki 28 bus wisata. Target yang harus dicapai yaitu memiliki 40 bus. Berarti masih tersisa target 12 bus lagi yang harus dipenuhi oleh PT. Transportasi Jakarta.

Reporter: Tania Fransisca

8

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments