Muslim Traveler

EDITOR : PUTU DYAH

18 Juni 2016, 08:10 WIB

MEKSIKO

Alunan suara grup musik tradisional mariachi dan hilir mudik gondola di kanal-kanal xochimilco menyambut mereka yang datang ke kota Meksiko. Ragam arsitektur bergaya kolonial seperti Centro de Historico dan Plaza de la Constitucion, semakin mengentalkan nuansa latin di negeri yang terkenal dengan telenovela ini. Di tengah keriuhannya, Meksiko masih menyediakan tempat bagi umat muslim yang minoritas.

Andrea Arzaba, jurnalis asal Meksiko, termasuk yang  menerima kehadiran Islam dengan terbuka. “Beberapa media menggambarkan muslim radikal.Tiap agama pasti ada kelompok radikal yang melakukan kekerasan. Tapi menurutku kebanyakan teman di sekitarku sadar hal itu,” cerita Andrea  pada Febi Purnamasari, reporter NET saat di Meksiko, Februari 2016.

Cerita tentang Islam di negara latin juga muncul dari Angel Horacio Molina, muslim dari Argentina. Ia menyampaikan kalau komunitas muslim hadir sejak imigran dari Timur Tengah datang pada akhir abad 19. Berbeda dengan Meksiko, muslim di Argentina sudah membaur dengan baik.

“Di negara kami, komunitas Islam sudah membaur dengan budaya nasional. Jadi tidak ada gesekan,” kata Angel yang keluarganya menganut Katolik Ortodoks.

Angel Horacio, bagian dari umat muslim di Meksiko. (NET/ Albert W.)

Belum terbiasanya publik Meksiko dengan kehadiran Islam, mendorong pendatang atau wisatawan muslim di kawasan ini untuk menyesuaikan diri. Karena tidak mudah untuk menemukan tempat ibadah, juga makanan dan minuman yang halal.

Di kota Meksiko, kita bisa menemukan Masjid Polanco atau Pusat Pendidikan Komunitas Muslim. Sementara untuk makanan ada pilihan daging domba, ayam atau seafood yang aman untuk dikonsumsi.  Cerita soal tantangan bagi umat muslim di Meksiko, hadir dalam program Muslim Traveler NET, Minggu 19 Juni 2016, pukul 04.30 WIB.  

Reporter: Febi Purnamasari 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments