EDITOR : DEWI RACHMAYANI

18 Juni 2016, 04:10 WIB

CINA

Seorang pria rutin berlari, melompat, bergelantungan di pohon, push up dan melakukan beragam gerakan lainnya di taman-taman kota Xuchang, Provinsi Henan, Cina. Pria tersebut bernama Zhang Zhuofu. Kini ia tengah menjadi idola warga Xuchang. Penggemar olahraga di kota ini begitu mengidolakannya. Betapa tidak? Usia Zhang jauh dari muda, usianya kini 79 tahun!

Di usia yang hampir menginjak 80 tahun, stamina Zhang masih sangat fit. Ia bahkan masih mampu push up hanya mengandalkan kekuatan 4 jari.

Push Up 4 Jari Kakek Berusia 79 Tahun, 15 Juni 2016 (APTN)

 

Zhang juga masih kuat menyangga seluruh bobot tubuhnya dengan bertumpu pada telapak tangan.

Zhang Zhuofu, Kakek Energik dari Cina, 15 Juni 2016 (APTN)

 

Tidak berhenti di situ, Zhang ternyata juga mampu push up hingga 50 kali nonstop. Kelenturan dan kekuatan tubuhnya juga terlihat saat ia mampu menggantung di pohon dengan posisi tubuh sejajar tanah.

Zhang Berlatih 7 Tahun untuk Kuasai Gerakan Sulit, 15 Juni 2016 (APTN)

 

Pujian pun membanjiri Zhang. “Saya tidak pernah melihat sesuatu seperti ini sebelumnya. Dia sudah 79 tahun. Jika saya tidak melihatnya langsung dengan mata kepala sendiri, saya tidak akan mempercayainya,” tutur salah seorang warga Xuchang.

Zhang mulai rutin berolahraga di usia lanjut, di umur 59 tahun. Untuk mampu melakukan beberapa gerakan sulit, Zhang berlatih setidaknya selama 6 hingga 7 tahun. Rutin berolahraga diakui Zhang membuat ia tidak pernah sakit selama 20 tahun terakhir. Kini, Zhang dedikasikan dirinya untuk konsisten jalani hidup sehat.

“Hal terpenting dalam hidup seseorang bukanlah uang, namun kesehatan,” Zhang Zhuofu.

APTN

 

3

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments