hero
Perayaan kemenangan Inggris. (UEFA)

UEFA EURO 2016

EDITOR : TITO SIANIPAR

16 Juni 2016, 23:25 WIB

PERANCIS

 

Inggris menjawab kritik lewat kemenangan perdana di Piala Eropa 2016, Perancis. The Three Lions menumbangkan Wales dengan skor 2-1 dalam babak penyisihan grup B, Kamis, 16 Juni 2016.

Di laga yang dimainkan di Stade Bollaert-Delelis, Lens, Inggris turun dengan formasi serupa seperti laga perdana kontra Rusia. Mereka kesulitan mengembangkan permainan di babak pertama.

Situasi ini justru berhasil dimanfaatkan pasukan besutan Chris Coleman dengan mencuri gol 3 menit jelang turun minum lewat eksekusi tendangan bebas Gareth Bale. Ini menjadi gol kedua pemain Real Madrid tersebut di ajang Euro 2016 dan keduanya dilesakkan lewat skenario bola mati.

Defisit 1 gol membuat pelatih Inggris, Roy Hodgson mengubah susunan lini serangnya memasuki babak kedua. Daniel Sturridge dan Jamie Vardy masuk menggantikan Raheem Sterling dan Harry Kane.

Hasilnya terbukti jitu. Sturridge dan Vardy mampu menambah ketajaman serangan yang diluncurkan Inggris. Baru 11 menit babak kedua berjalan, Vardy yang lolos dari jebakan offside sukses menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat sontekannya di tengah situasi kemelut depan gawang.

Belum cukup dengan tambahan dua striker, Hodgson kembali menambah barisan penyerangnya dengan memasukkan Marcus Rashford menggantikan Adam Lallana di menit ke-73. Striker 18 tahun ini mencatatkan sejarah di Piala Eropa sebagai pemain termuda sepanjang sejarah melewati rekor yang sebelumnya dipegang Wayne Rooney.

Fans Inggris akhirnya dibuat bersorak di penghujung laga. Daniel Sturridge keluar sebagai pahlawan kemenangan Inggris lewat sontekannya di dalam kotak penalti pada masa injury time.

Berkat kemenangan ini, Saint George Cross memuncaki klasemen sementara grup B dengan koleksi 4 poin atau unggul 1 poin dari Slovakia serta Wales yang berada di urutan dua dan tiga. 

“Kami sempat ragu untuk menaikkan tempo permainan kami. Namun dalam kecemasan tersebut para pemain akhirnya berani mengambil sejumlah resiko dan menunjukkan kepercayaan diri ketika berada di area kotak penalti lawan. Mereka merespons dengan sangat baik,” Ujar Hodgson seperti dikutip dari situs UEFA.com

PANJI SURYONO

Susunan Pemain:
Inggris: J.Hart; K.Walker, C. Smalling, G.Cahill, D. Rose; E. Dier, W. Rooney, D. Alli; A. Lallana (M. Rashford 73), H. Kane (J. Vardy 46),  R. Sterling (D. Sturridge 46)
Wales: W. Hennessey; C. Gunter,  J. Chester, A.Williams, B. Davies, N. Taylor; J. Allen, Ledley (D. Edwards 66), A. Ramsey; G. Bale, H. Robson-Kanu (J. Williams 72)

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments