EDITOR : DEWI RACHMAYANI

15 Juni 2016, 11:05 WIB

KANADA

Mimpi akan manusia terbang di masa depan, kian nyata di Montreal, Kanada. Terlihat saat 11 Juni 2016, Alexandru Duru meluncur dan melayang di atas permukaan air. Selama 1,5 menit Duru melayang berputar-putar, menimbulkan decak kagum penonton yang berkerumun menikmati aksinya.

Insinyur Kanada ini pernah tercatat di Guinnes World Record untuk penerbangan hoverboard terlama. Hoverboard adalah skateboard yang mampu melayang di udara. Dan di Montreal 11 Juni kemarin, Duru beraksi sambil menunjukkan prototipe hoverboard terbarunya.

“Saya yakin kamu pernah naik pesawat atau helikopter. Hoverboard ini, lebih keren dari itu semua. Karena tidak ada apa-apa di sekeliling kamu, mesinnya begitu kecil. Kamu bisa dibilang benar-benar terbang. Ini seperti meluncur di udara,” papar Duru kepada APTN.

Bersiap Terbang dengan Hoverboard, 11 Juni 2016 (APTN)

 

Berat hoverboard terbaru buatan Duru 30 kilogram. Papan ini dapat menampung penumpang berbobot hingga 70 kilogram. Terbuat dari gabungan materi ringan, alat ini menggunakan baterai lithium. Untuk saat ini, temuan Duru hanya mampu terbang selama 1,5 menit.

Hoverboard buatan Duru pernah jatuh di beberapa percobaan sebelumnya. Namun kegagalan tidak menghentikannya. “Rasanya luar biasa. Terutama saat kau melihat senyum di wajah penonton, melihat pandangan takjub mereka. Amat menyenangkan membuat alat yang bisa membahagiakan orang lain,” kata Duru usai mendemonstrasikan temuannya.

 

Insinyur Kanada Alexandru Duru, 11 Juni 2016 (APTN)

 

Dan memang wajah-wajah takjub lah yang terlihat di pertunjukan itu. “Keren, tidak ada kata lain yang pantas untuk alat ini selain keren! Saya tidak sabar untuk mencobanya di masa depan. Sepertinya menyenangkan. Ini teknologi yang amat mengesankan," kata seorang pengunjung.

Pengunjung pun bertanya-tanya kapan mereka bisa mendapat kesempatan untuk mengendarainya. “Saya sungguh ingin mengendarainya. Namun saya tidak tahu bagaimana menggunakannya di tempat umum,” kata pengunjung lainnya.

Duru mendapatkan dana dari pemerintah Kanada untuk mengembangkan prototipenya ini. Mimpi Duru untuk memproduksi massal dan melihat masyarakat terbang, kini telah selangkah lebih maju.

APTN

3

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments