Catatan perjalanan muslim di Amerika. (NET | Ozy S.)

Muslim Traveler

EDITOR : PUTU DYAH

13 Juni 2016, 16:05 WIB

AMERIKA SERIKAT

November 2015, netizen di Amerika Serikat heboh dengan surat terbuka dari Marwa Balkar untuk kandidat Presiden Donald Trump. Di halaman Facebook nya, gadis ini menyampaikan protes terhadap pernyataan Trump . Marwa menentang rencana pendaftaran seluruh muslim dalam database nasional dan memakai tanda pengenal sebagai penanda muslim.

 

“Saya menulis status itu karena frustasi. Calon pemimpin bangsa tak boleh bicara menyebar kebencian seperti itu,” jelas Marwa dalam wawancara bersama reporter NET. Kemal Ramdan, April 2016.

 

Aksi Marwa mendapat banyak tanggapan lewat ratusan ribu likes dan komentar di Facebook, termasuk dari pendirinya Mark Zuckerberg. Sikapnya yang disebut sebagai #fightwithpeace menggugah banyak pihak, termasuk non muslim yang mulai terbuka dengan ajaran Islam.

 

 

Marwa menjadi contoh kebebasan bersuara dan beragama di negara liberal, Amerika.  Tempat bertemunya orang-orang dari berbagai bangsa dan keyakinan.  Potret toleransi bisa kita lihat di Willshire Boulevard. Di kawasan ini, sinagog Yahudi, gereja Kristen dan Katolik serta Islamic Center terletak berdampingan.

 

Islam sendiri menjadi agama yang jumlah pemeluknya meningkat pesat. Muslim di Amerika sebanyak 3,3 juta atau 1% dari total populasinya. Salah satu buktinya, Masjid Al Fatiha di Los Angeles yang didirikan Rahmat Phyakul 20 tahun lalu. Meski sempat mendapat teror, sekarang  tempat ini menjadi wadah silaturahmi milik semua warga.

 

Demokrasi jadi potret yang nyata di negeri Paman Sam. Siapapun bebas menyuarakan pendapatnya asal tetap menghormati hak orang lain. Perbedaan menjadi kekuatan dan kekayaan bangsa. Catatan perjalanan dan kisah muslim di Los Angeles, Amerika, akan hadir dalam program Muslim Traveler di NET. Senin, 13 Juni 2016, pukul 04.30-05.00 WIB. 

 

REPORTER: KEMAL RAMDAN 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments