hero
Perayaan Spanyol, 13 Juni 2016. (UEFA.COM)

UEFA EURO 2016

EDITOR : TITO SIANIPAR

13 Juni 2016, 23:05 WIB

PERANCIS

Juara bertahan Piala Eropa Spanyol harus bekerja keras mengalahkan Republik Ceko di Stadium de Toulouse, Senin, 13 Juni 2016 malam. Turun dengan skuat utama, anak asuhan Vicente del Bosque benar-benar menguasai pertandingan.

ESPN FC mencatat penguasaan bola La Furia Roja selama 90 menit pertandingan mencapai 72%. Total tendangan 18 dengan 5 mengarah ke gawang, berbanding 6 milik Ceko dengan 3 yang  tepat sasaran.


Meski menguasai, Spanyol baru bisa unggul di menit ke-87 melalui sundulan Gerard Pique hasil umpan lambung Andres Iniesta. Ini merupakan gol perdana Pique di Euro sepanjang karirnya.

“Saya sangat senang dengan penampilan hari ini, sangat terorganisasi dan menampilkan determinasi selama 90 menit,” ujar Del Bosque seperti dikutip UEFA.com.

Pada pertandingan tersebut, kedua penjaga gawang tampil prima pada pertandingan perdana mereka. Petr Cech membuktikan kemampuannya dengan menggagalkan peluang dari Nolito, Alvaro Morata dan David Silva.

Kiper David De Gea yang dimainkan Del Bosque seolah tidak terganggu isu miring yang menerpanya sebelum turnamen. Tercatat 3 penyelamatan gemilang ia buat, termasuk tendangan jarak dekat Darida di masa injury time. Ini adalah kali keempat De Gea melakukan clean sheets dari 4 pertandingan terakhirnya.

“Saya bersama semua tim selalu mendukung De Gea. Dia (De Gea) sudah menjelaskan semuanya bahwa dia tidak terlibat isu tersebut,” kata Del Bosque.

Tampil sebagai pemain terbaik adalah Andres Iniesta dengan satu assist untuk Pique. Akurasi umpannya mencapai 91%, dan agresivitasnya sepanjang pertandingan dinilai sebagai kunci juara Eropa 2 kali ini bisa mendominasi pertandingan. Dia juga merupakan satu-satunya pemain di Eropa yang bisa mencetak assist di 3 edisi EURO yang berbeda; 2008, 2012, 2016. “Iniesta pemain luar biasa,” puji pelatih Ceko Pavel Vrba, usai pertandingan.

“Saya selalu menampilkan yang terbaik ketika tampil bersama timnas. Dan yang terpenting tim meraih 3 poin di partai perdana,” ujar Iniesta usai pertandingan kepada UEFA.

Pertandingan ini juga mencatatkan David Silva sebagai pemain ke-11 yang sukses cetak 100 penampilan bersama timnas. Gelandang Manchester City ini mengikuti jejak Iker Casillas, Sergio Ramos, Andoni Zubizarreta, Carles Puyol, Xavi Hernández, Xabi Alonso, Andrés Iniesta, Cesc Fàbregas, Fernando Torres, dan Raúl González.

Dengan hasil ini, Spanyol bersama Kroasia memimpin sementara klasemen Grup D karena mempunyai jumlah poin dan selisih gol yang sama. Hari sebelumnya, Kroasia sukses menang tipis atas Turki lewat sumbangan gol indah Luka Modric.

GIA PIJAR PERDANA

Susunan Pemain:
Spanyol: De Gea, Juanfran, Ramos, Pique, Jordi Alba, Busquets, Fabregas (Thiago 70), Iniesta, Silva, Nolito (Pedro 82), Morata (Aduriz 62).
Republik Ceko: Cech, Kaderabek, Sivok, Hubnik, Limbersky, Darida, Plasil, Selassie (Sural 85), Rosicky (Pavelka 89), Krejci, Necid (Lafata 76).

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments