hero
Dimitri Payet merayakan gol kedua Perancis. (espnfc)

UEFA EURO 2016

EDITOR : TITO SIANIPAR

11 Juni 2016, 13:15 WIB

PERANCIS

Sejarah sulitnya tuan rumah menang di partai perdana Euro 2016, dipatahkan Perancis. Dengan skor 2-1, Perancis menggulung Rumania yang menjadi partai perdana grup A sekaligus pembuka Piala Eropa, Sabtu, 11 Juni 2016 dini hari. 

Setelah bermain imbang di babak pertama, Perancis akhirnya berhasil memecah kebuntuan. Set piece Dimitri Payet diteruskan sundulan Olivier Giroud di menit ke-57. Gol Giroud menjadi gol ke-50 Perancis selama ikut ajang Piala Eropa. Uniknya pula, gol tersebut terukir di penampilan ke-50 Giroud di timnas. 

Skor 1-0 membuat Les Blues percaya diri. Permainan Rumania yang semula lebih banyak memperlihatkan skema parkir bus, mulai berbalik. 

Rumania berhasil mendapat penalti, setelah Patrice Evra melanggar Bogdan Stancu di kotak penalti. Hugo Lloris tak bisa mengantisipasinya dan membuat kedudukan menjadi imbang 1-1.

Kondisi seri ini membuat Didier Deschamps menukar sejumlah pemain. Ia memasukkan Kingsley Coman yang menggantikan Antoine Griezmann.  Bahkan juga menarik Paul Pogba.

BACA JUGA: 
Menjawab Tantangan di Laga Perdana
Rekor Baru Pemain Tertua Euro
Belgia Tim Termahal, Ukraina Termurah

Taktik Deschamps terjawab dengan gol di penghujung laga yang diciptakan Dimitri Payet. Pemain West Ham ini jadi penyelamat Perancis berkat gol indahnya di menit ke-89. Ia layak menjadi pemain terbaik dengan satu gol dan satu assist.

"Jika ada orang yang mengatakan jadinya akan seperti ini, saya tak mempercayainya, ujar Payet dalam konferensi pers setelah pertandingan.

Payet tetap merendah meski membuktikannya di lapangan dengan delapan kali percobaan gol. Sokongan gelandang tengah yang melimpah jadi keunggulan Perancis yang sementara memuncaki grup A ini.

Kemenangan ini bukan tanpa catatan. Performa lini belakang masih jadi momok menakutkan bagi Perancis. Bek-bek tua seperti Patrice Evra (35 tahun) dan Bacary Sagna (34 tahun) tak cukup mengganjal barisan pertahanan Perancis. 

Deschamps wajib memutar otak untuk urusan yang satu ini. Tapi sementara waktu pantas bagi tuan rumah dan warganya untuk membangun kepercayaan diri, sekaligus berpesta di awal Euro 2016 ini.

GIETA MAHYARANI | ESPNFC.COM


Susunan pemain:
Perancis
Lloris; Evra, Sagna, Rami, Koscielny ; Kante, Matuidi, Pogba (Martial, 77'); Griezmann (Coman 66'), Payet (Sissoko 90'), Giroud 
Rumania
Tatarusanu; Rat, Chiriches, Grigore, Sapunaru; Hoban, Pintilii, Stanciu; Andone (Alibec,61'), Stancu (Chipciu 72'), Popa (Torje 82')

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments