hero

EDITOR : FIRZA ARIFIEN

10 Juni 2016, 22:00 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jumat sore, 10 Juni 2016, meluncurkan media pembelajaran antikorupsi berbasis online bernama Anti Corruption Learning Center (ACLC). Peluncuran portal dihadiri oleh Wakil Ketua KPK Laode M. Syarif, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, dan masyarakat pegiat antikorupsi.

"Kami meminta Wali Kota Bandung untuk datang karena beliau banyak membuat aplikasi untuk meningkatkan kinerja pemerintahan, sekaligus untuk pembelajaran masyarakat," ungkap Wakil Ketua KPK Laode M. Syarif.

Portal tersebut bisa diakses segala lapisan masyarakat tanpa batasan usia. Portal juga menjadi wadah untuk belajar mengidentifikasi kasus-kasus korupsi, baik melalui ilustrasi maupun permainan agar mudah dipahami. 

Wakil Ketua KPK Laode M. Syarif dan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dalam pelucuran portal antikorupsi KPK, Jakarta, Jumat, 10 Juni 2016. (NET/Galuh Rahmat)

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menilai portal KPK ini adalah sarana untuk mencegah korupsi di Indonesia yang inovatif dan efisien. Tak berbeda dengan apa yang sudah diterapkannya untuk mengurangi angka korupsi di Bandung. Selama 2,5 tahun memimpin Kota Bandung, Emil telah menghasilkan 360 aplikasi, 12 di antaranya terkait pemberantasan korupsi.

"Dengan Smart City, dengan sistem itu perilaku kolektif bisa dikunci. Contoh kecilnya, dulu jual beli kursi tergantung kepala sekolah. Sekarang ketika sudah pakai sistem online, itu sudah tidak ada," ujar Emil.

Pada laman portal antikorupsi KPK, masyarakat bisa mengakses sejumlah modul. Salah satunya pembelajaran seluk beluk gratifikasi yang terdiri dari 11 modul yang membahas bentuk, batasan dan aturan tentang gratifikasi.

Selain itu, masyarakat juga bisa berperan aktif dalam pemberantasan korupsi melalui modul 'Siap Beraksi'. Ya, siapapun bisa melaporkan dugaan korupsi dengan data yang lengkap sehingga upaya pencegahan tindak pidana korupsi di Indonesia bisa terus ditingkatkan.

Reporter: Az Zahra

 

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments