hero
Gibor Kiraly, Pemain Tertua Euro 2016. (Reuters)

EDITOR : TITO SIANIPAR

10 Juni 2016, 18:10 WIB

PERANCIS

Dari deretan total 552 pemain yang didaftarkan pada Euro 2016, terselip beberapa pemain yang terbilang tua. Gabor Kiraly dari Hungaria dan Shay Given dari Irlandia memecahkan rekor Lothar Mathaus sebagai pemain tertua sepanjang masa, sejak Euro 2000.

Jika Mathaus masih bermain pada usia 39 tahun 91 hari, Gabor Kiraly tepat menginjak usia 40 tahun 72 hari saat peluit kick off Euro 2016 ditiupkan, selisih 20 hari dari Shay Given yang berada diurutan kedua. Meski berusia lanjut, Kiraly dan Given masih mendapatkan tempat di skuad Timnas masing-masing.

Pelatih  Hungaria Bernd Storck memilih Kiraly karena dia masih bermain reguler bagi klub liga utama Hungaria, Szombatleyi Haladas, yakni sebanyak 33 pertandingan musim lalu. Andai Kiraly  dipercaya bermain di bawah mistar saat laga pertama melawan Austria nanti, ia akan memecahkan rekor penampilan dengan 102 caps bagi tim nasional Hungaria.

BACA JUGA: Belgia Tim Termahal, Ukraina Termurah

Berbeda dengan Kiraly, Shay Given justru hanya 5 kali bermain bagi Stoke City musim kemarin. Walau punya menit bermain yang minim, pemegang 125 caps bersama timnas Irlandia ini masih masuk daftar 3 kiper yang dibawa Martin O’neill. Di ajang kualifikasi Euro 2016, Given harus berbagi tempat bersama Darren Randolph. Dari 11 laga, mantan kiper andalan Newcastle United ini dipercaya memainkan 5 laga.

Pengalaman Given diperlukan untuk meningkatkan kepercayaan diri kiper lain. Seperti Kiraly, Euro kali ini bisa saja menjadi kompetisi internasional terakhir yang ia mainkan bersama Irlandia.

Bukan Hanya Kiraly dan Given, beberapa pemain senior lain masih dipercaya membela timnasnya. Dari negeri pizza Italia, Gianluigi Buffon yang berusia 38 tahun masih menjadi pilihan utama di skuad Azzuri. Memainkan 9 dari 11 laga di ajang kualifikasi, Buffon belum terpinggirkan meski dibayangi Salvatore Sirigu dan Federico Marchetti.

Buffon berpotensi terus menambah catatan bermainnya yang kini sudah menginjak 138 laga untuk Gli Azzuri. Tercatat sebagai pemain tertua di skuad  Italia, hingga kini Buffon belum berniat untuk pensiun membela negaranya. Dikutip dari ESPNFC.com, Buffon miliki ambisi terus bermain hingga umur 40 tahun seperti pendahulunya, Dino Zoff.

Beralih dari mistar gawang, bek andalan Portugal Ricardo Carvalho juga masih punya asa menambah caps di Perancis. Meski sudah berusia 38 tahun, Carvalho dipilih  memainkan 6 laga kualifikasi Euro bagi Selecao. Jumlah itu lebih banyak dibanding bek Portugal lainnya.

Musim ini performa Carvalho memang sedang meningkat. Di usia yang sudah tidak lagi muda, mantan bek Chelsea ini mampu bermain reguler 44 laga di semua ajang bagi klub Perancis AS Monaco.

Selain beberapa pemain tadi, masih ada pemain lain yang masih dipercaya membela timnas ketika menginjak usia diatas 35 tahun pada Euro 2016. Bukan hanya bermodalkan sebagai ikon tim atau pemimpin di lapangan, pemain senior seperti Aduriz, Patrice Evra, Andrea Barzagli dan Robbie Keane masih prima. Penampilan mereka menunjukkan kelayakan lewat performa stabil bagi klub mereka di semua ajang.

ARIE NUGRAHA

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments