hero
Jalaluddin Rumi. (wikipedia)

EDITOR : TITO SIANIPAR

9 Juni 2016, 00:05 WIB

TURKI

Penulis skenario David Franzoni dan produser Stephen Joel Brown berencana membuat film tentang kisah hidup filsuf Jalaluddin Rumi. Rencananya produksinya akan dilakukan bersama Y Productions dan Es Film.

"Dia seperti Shakespeare," kata Franzoni seperti dikutip dari The Guardian, 6 Juni 2016 lalu. "Karakternya dengan talenta besar sangat berarti bagi publik dan masih berpengaruh sampai sekarang. Orang-orang seperti itu layak untuk dieksplor lebih jauh," imbuh dia.

David Franzoni dan Stephen Joel Brown. (dailymail, linkedin)

Untuk kepentingan ini Franzoni dan Brown berada di Turki pekan lalu menemui ahli-ahli soal Jalaludin al-Rumi, sekaligus mengunjungi makamnya. Proses syuting diharapkan akan dimulai tahun depan.

"Ini adalah proyek yang menarik dan menantang. Banyak alasan untuk membuat proyek ini sekarang. Ada kebutuhan agar dunia lebih mengenalnya, karena di Amerika sendiri Rumi sangat terkenal," kata Franzoni.

Karya-karya Rumi sangat dekat dengan unsur spiritual dan membuatnya dikenal sebagai penyair sufi. Masnavi dan Divan adalah contoh karya Rumi yang dianggap sebagai salah satu karya puisi terbaik dunia dan sudah diterjemahkan ke berbagai bahasa.

Semasa hidupnya, Rumi banyak berpindah tempat sebagai pengungsi. Lahir 30 September 1207 di Balkh, Afganistan, pada usia 3 tahun terjadi invasi Mongolia. Akibatnya ia harus menjelajah jajirah hingga ke Bagdad, Mekah, dan Damaskus bersama keluarganya. Terakhir ia bermukim di Konya, Turki, sampai tua dan menghembuskan nafas terakhirnya pada 17 Desember 1273 di sana.

Salah satu kejadian penting dalam hidupnya adalah pertemuan dengan sosok misterius Syamsuddin dari Tabriz, yang dipercaya terjadi pada 1244. Ilmu dari Syamsuddin dipercaya membuat ilmu tasawuf Rumi menjadi sempurna.

Manuskrip era Ottoman tentang pertemuan Rumi dan Syamsuddin. (wikipedia)

Yang dipuji dari Rumi adalah puisinya yang menonjolkan cinta. Bahwa hanya cinta yang dapat menyatukan dunia. Nabi-nabi seperti Yusuf, Musa, Yakub, dan Yesus kerap menjadi tokoh dalam karya dia, yang garis besarnya bahwa mereka adalah sosok yang dipenuhi cinta Ilahi. Tuhan, bagi Rumi, juga diartikan sebagai satu-satunya tujuan dan tidak ada yang menyamai.

Franzoni dan Brown ingin peran Rumi dimainkan Leonardo DiCaprio dan Syamsuddin diperankan Robert Downey Jr. Meski masih terlalu dini untuk casting, kata Brown, "Tapi itu adalah level casting yang kami inginkan."

Rumi di Lira, mata uang Turki. (wikipedia)

Selain pemeran, tantangan berat lainnya adalah membangun profil Rumi dan Syamsuddin yang kredibel berdasarkan sejarah. Pasalnya fakta soal hidup mereka juga masih banyak pertentangan. "Kami ingin menciptakan dan membangkitkan karakter yang di saat bersamaan banyak bagian hidupnya yang hilang dalam sejarah," kata Franzoni.

Kemungkinan, lanjut Franzoni, film ini nantinya akan memasukkan periode awal Rumi yang harus meninggalkan tempat lahirnya karena invasi Mongol. Situasi ini mirip dengan kondisi sekarang yakni banyaknya pengungsi karena invasi negara lain dan juga kelakuan para ekstrimis di Timur Tengah.

TITO SIANIPAR | THE GUARDIAN

29

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments