EDITOR : FIRZA ARIFIEN

9 Juni 2016, 12:10 WIB

KABUPATEN KARAWANG, INDONESIA

Berapa berat badan kamu dulu waktu berusia 10 tahun? Mungkin berkisar antara 30 sampai 35 kilogram ya? Nah, di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, berat badan anak ini bisa jadi tergolong luar biasa. Usianya baru 10 tahun tapi berat badannya sudah mencapai 140 kilogram. 

Aria Permana, bocah 10 tahun dengan berat badan 140 kilogram, Kabupaten Karawang, Rabu, 1 Juni 2016. (NET/Iman Budiman)

Aria Permana namanya. Ia tinggal di Desa Cipurwasari, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang. Dengan berat badannya yang melebihi 100 kilogram, Aria tidak bisa beraktivitas seperti anak-anak seusianya. Ia lebih banyak menghabiskan waktu dengan berdiam diri di rumah. 

Aria sedang beraktivitas di rumahnya di Desa Cipurwasari, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang,  Rabu, 1 Juni 2016. (NET/Iman Budiman)

Jangankan untuk bermain, berjalan kaki sedikit saja Aria sudah tidak sanggup. Belakangan Aria bahkan sudah meninggalkan bangku sekolahnya karena sulit untuk berjalan kaki.

“Sesak, jadi di rumah saja. Susah jalannya padahal ingin sekolah lagi", kata Aria ketika ditemui Kontributor NET di rumahnya awal Juni lalu.

Agar Aria tidak ketinggalan pelajaran, guru sekolahnya rela datang ke rumah Aria. Mereka sadar kalau anak muridnya sangat ingin sekolah tapi kondisinya tidak memungkinkan.

"Kita tetap berikan materi agar anak itu tidak ketinggalan dari teman-temannya. Baik itu pelajaran maupun informasi meski ia tidak datang ke sekolah," ujar Nia Kurniawati, wali kelas Aria di SDN Cipurwasari 1 Karawang.

Orang tua Aria sehari-harinya bekerja sebagai petani. Rokayah, ibu Arya, sempat mencoba beberapa pengobatan agar berat badan Aria bisa kembali normal. Mulai dari berobat ke rumah sakit di Karawang hingga ke rumah sakit di Bandung. 

"Sudah dibawa ke dokter di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung. Dicek sama dokter semuanya sehat," ungkap Rokayah. 

Berat badan Aria mulai merangkak naik sejak usianya 7 tahun, Kabupaten Karawang, Rabu, 1 Juni 2016. (NET/Iman Budiman)

Berat badan Aria cenderung naik terus ketika ia memasuki usia 7 tahun. Dan sekarang bobot tubuhnya sudah mencapai 140 kilogram. Idealnya, berat badan anak laki-laki di umur 10 tahun hanya 32 kilogram dengan tinggi badan 140 sentimeter. Sedangkan berat badan ideal anak perempuan ketika berusia 10 tahun yaitu 33 kilogram dengan tinggi badan 137 sentimeter.

Kontributor: Iman Budiman

10

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments