hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

9 Juni 2016, 20:30 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Insiden kesalahan penulisan surat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membuat kementerian yang berkantor di Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat itu menjadi sorotan. KPK yang seharusnya Komisi Pemberantasan Korupsi ditulis menjadi Komisi Perlindungan Korupsi.

Surat Kemendari yang Dikirim ke KPK, 9 Juni 2016. (Dok. Istimewa)

Kesalahan penulisan tersebut membuat perubahan makna yang mendasar dari institusi  yang paling ditakuti para koruptor ini. Lembaga itu didirikan 2005 untuk memberantas korupsi yang terus terjadi di negeri ini. Bukan untuk melindungi.

Kesalahan fatal ini menampar lembaga pimpinan Menteri Tjahjo Kumolo itu. Imbas dari kesalahan fatal itu Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo marah besar dan meminta pelakunya dipecat. Tjahjo merasa kementerian yang dipimpinya dipermalukan.

Insiden kesalahan penulisan ini bukan pertama kali terjadi. Jauh sebelumnya, Kementerian Sekretaris Negara yang dipimpin oleh Pratikno juga pernah melakukan hal serupa. Kala itu, Kementerian Sekretaris Negara mengirimkan undangan acara pelantikan Kepala Badan Intelijen Negara Soetiyoso dan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu 8 Juli 2015 lalu.

Namun di dalam surat undangan tersebut ada kesalahan tulis yang sangat fatal. BIN ditulis dengan kepanjangan dari Badan Intelijen Nasional, dari yang seharusnya Badan Intelijen Negara.

Surat Undangan Mensesneg, 8 Juli 2015. (Dok. Istimewa)

Surat undangan yang dibuat dan diedarkan oleh dan atas nama Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno ini menjadi bahan bully-an di sosial media. Bahkan sempat menjadi trending topic di twitter. Kementerian Sekretaris Negara akhirnya meminta maaf dan menarik kembali surat undangan tersebut.

YAYAN SUPRIYANTO

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments