Penyelundup melempar obor menyerang petugas Bea Cukai, di Sungai Asahan, 7 Juni 2016. (NET/Istimewa)

EDITOR : TITO SIANIPAR

9 Juni 2016, 03:05 WIB

SUMATERA UTARA, INDONESIA

Petugas Bea Cukai Teluk Nibung, Sumatera Utara, diserang oleh kapal penyelundup. Serangan dilakukan dengan obor dan petasan roket yang dilempar ke kapal bernomor lambung BC 1508 itu.

Kejadian penyerangan ini terjadi pada Selasa, 7 Juni 2016. Ketika itu, kapal Bea Cukai sedang berpatroli dari Teluk Nibung ke arah muara Sungai Asahan sekitar pukul 18.00 WIB.

Tak lama berselang, petugas mencurigai sebuah kapal bermuatan penuh. Kapal itu diduga membawa barang seludupan berupa pakaian bekas dari luar negeri dan narkotika.

Kapal Bea Cukai yang berusaha mendekat mendapat serangan. Awalnya serangan berupa petasan roket yang beberapa diantaranya meledak persis di anjungan kapal Bea Cukai.

Petasan roket yang meledak di depan petugas Bea Cukai. (NET)

Tak sampai di situ, sekitar 20 orang muncul di sekeliling kapal membawa obor yang menyala. Sebisanya mereka melempar api ke arah kapal petugas. Belakangan, sebuah kapal dari arah belakang kapal Bea Cukai juga siap ikut menyerang dengan obor menyala.

Petugas Bea Cukai yang sempat meminta bantuan ke instansi lainnya, akhirnya harus gigit jari. Mereka pulang dengan tangan hampa karena bala bantuan tak kunjung datang. Bahkan lima petugas Bea Cukai menjadi korban atas insiden penyerangan itu. Petugas-petugas berseragam biru tua itu mengalami luka bakar ringan.

Penyelundup melempar obor menyerang petugas Bea Cukai, di Sungai Asahan, 7 Juni 2016. (NET)

Kepala Bea Cukai Teluk Nibung Fuad Fauzi mengatakan kejadian seperti ini sudah beberapa kali mereka alami. "Kapal kami juga rusak dan kami harus melakukan perbaikan," kata dia.

Meski gagal, Fuad bertekad tidak akan berhenti mengejar para pelaku penyelundupan. Menurut dia, intensitas aktivitas penyelundupan akhir-akhir ini semakin tinggi. "Volumenya meningkat dari tahun lalu," pungkasnya.

Irwansyah Putra Nasution

 

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments