hero

EDITOR : DEWI RACHMAYANI

8 Juni 2016, 20:50 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Puasa, tidak berarti tidak berolahraga. Justru, olahraga yang tepat dapat membuat tubuh kian bugar. Buat Anda yang ingin rutin berolahraga kala berpuasa, sebaiknya memilih olahraga ringan, seperti lari santai, bersepeda santai dan jalan cepat.

“Waktu paling cocok itu sekitar 30 sampai 60 menit sebelum menjelang buka puasa karena jika terjadi pembuangan keringat maka akan cepat terganti pada saat berbuka sehingga dehidrasi bisa diminimalkan,” tutur Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga Wishnu Hidayat kepada reporter NET Andry Suryawenata.

Olahraga saat berpuasa (NET: Ardhiansyah)

Olahraga lain yang juga disarankan dilakukan kala berpuasa adalah yoga. Namun jenisnya perlu dipilih yang tidak memberatkan bagi tubuh. “Yoga berbeda dengan olahraga lain yang mengeluarkan banyak keringat, jadi yoga bisa dilakukan pagi atau sore hari. Tapi pilih jenis yoganya, yang simpel saja. Hindari yoga di ruangan panas karena itu mengeluarkan banyak keringat”, demikian penjelasan Wishnu.

Yoga saat berpuasa (NET: Ardhiansyah)

Pentingnya berolahraga saat puasa dirasakan Ika Pramastri, seorang penggemar yoga. Sifat Yoga yang low impact dan memberikan dampak relaksasi membuat Ika rutin jalani olahraga ini 10 tahun terakhir. “Kalau biasanya orang puasa kan aduuh…puasa nih jadi males ngapa-ngapain. Justru kalau saya gak ngapa-ngapain badan malah jadi cepet lemes. Nah kalo lemes jadi cepet lapar, karena itu saya tetep rutin olahraga saat puasa,” kata Ika yang di 2016 ini menginjak usia 44 tahun.

Mengatur waktu dan beban olahraga, jadi kunci agar aktivitas fisik dan ibadah puasa sama-sama lancar. Bagaimana dengan Anda, masih enggan berolahraga di Ramadan ini?

Reporter: Andry Suryawenata

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments