hero

EDITOR : FIRZA ARIFIEN

8 Juni 2016, 14:20 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Seorang oknum anggota TNI diamankan aparat karena diduga mengedarkan uang palsu. Prajurit berpangkat perwira menengah itu ditangkap Selasa siang, 7 Juni 2016, di kawasan parkir Rumah Sakit UKI, Cawang, Jakarta Timur.

"Kolonel Agus Listyowarno ditangkap di daerah UKI dan kami sudah menyerahkan yang bersangkutan kepada Polisi Militer untuk penanganan lebih lanjut," kata Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Pertahanan Brigjen TNI Djundan Eko Bintoro, Rabu, 8 Juni 2016. 

Penangkapan dilakukan oleh Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri dan POM TNI. Kolonel Agus diduga terlibat dalam sindikat jaringan pengedar uang palsu. Barang bukti yang diamankan yaitu uang palsu senilai Rp 300 juta dalam pecahan Rp 100 ribu. 

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenhan sekaligus menegaskan jika Kolonel Agus memang bertugas di Kementerian Pertahanan. "Memang Kolonel Agus ini anggota Kementerian Pertahanan, dinasnya di Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan," tambah Brigjen TNI Djundan Eko Bintoro kepada NET.

Kolonel Agus ditangkap bersama satu orang warga sipil. Saat ini, seorang warga sipil yang menjadi tersangka masih ditahan di Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri.

"Yang oknum TNI langsung kita serahkan ke POM. Sedangkan yang satu lagi ditahan di Bareskrim Polri," ujar Kabareskrim Polri Irjen Pol. Ari Dono Sukmanto.

Satu tersangka yang ditahan di Bareskrim Polri masih menjalani proses penyidikan. Polisi juga terus mengembangkan kasus ini untuk mengungkap jaringan pengedar uang palsu yang melibatkan oknum TNI tersebut.

Peredaran uang palsu terus meningkat setiap tahunnya. Transaksi biasanya marak jelang Idulfitri. Karena itu, Polri akan menggiatkan operasi untuk menekan peredarannya di masyarakat.

Reporter: Tim Liputan

4

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments