Hari Laut Sedunia

EDITOR : PUTU DYAH

8 Juni 2016, 16:45 WIB

AMERIKA SERIKAT

Coba tebak, patung warna-warni  ini terbuat dari apa?

Patung-patung hewan di Smithsonian Zoo, Amerika. (Reuters)

Jawabannya, sampah-sampah plastik yang terbawa dari Samudera Pasifik ke pesisir pantai Oregon, Amerika Serikat.  Ada 17 patung plastik berbentuk hewan-hewan laut yang dipamerkan di Smithsonian National Zoo dalam rangka Hari Laut Sedunia.

Patung-patung ini dibuat oleh komunitas seni peduli lingkungan 'Washed Ashore' bersama para relawan.  Menurut Angela Haseltine Pozzi, pendiri komunitas,  banyak fakta  penelitian yang menjelaskan  kerusakan alam akibat polusi plastik. Tapi hal ini belum sepenuhnya dipahami masyarakat.   

“Kami berupaya agar orang-orang mengubah kebiasaan konsumsi plastik. Patung-patung ini jadi media untuk mengingatkan mereka,” jelas Pozzi.  

Sampah-sampah plastik dikumpulkan anggota komunitas dan para relawan. Mereka membersihkan dan memilah sesuai warnanya untuk dirangkai menjadi karya menarik. Bentuk unik  dan pesan  yang disampaikan lewat karya ini mendapat apresiasi.

“Saya sempat bingung, patung ini terbuat dari apa. Tapi ternyata penting dan mengingatkan agar tidak membuang sampah ke laut, sungai atau danau,” kata George Minich, salah satu pengunjung di pameran yang berlangsung hingga 5 September 2016 ini.  

Banyak sampah plastik hasil aktivitas masyarakat yang  tersebar  ke ekosistem laut. Bahkan di Samudera Pasifik, ada ‘pulau sampah’ yang  disebut North Pacific Gyre.  Komponen yang sulit diurai membuat polutan ini mencemari setiap level kehidupan di laut. Kreasi seperti patung hewan laut  diharap bisa meningkatkan kesadaran setiap orang, untuk mengaplikasikan konsep reuse-reduce-recycle dalam mengolah limbah plastik. 

REUTERS

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments