Muslim Traveler

EDITOR : PUTU DYAH

7 Juni 2016, 15:45 WIB

RUSIA

Pernah nggak, waktu lagi puasa kamu terpikir ‘duh, baru jam 1 siang masih lumayan lama bukanya’. Isi pikiran nggak jauh dari menunggu waktu berbuka.  Padahal di Indonesia, kita ‘hanya’ menahan lapar dan haus sekitar 13 jam. Ada kawasan lain yang penduduknya harus lebih bersabar, seperti  di Rusia yang waktu puasanya bisa berlangsung selama 18 jam.

Perbedaan waktu ini cukup mengagetkan Hilman Khoer, mahasiswa asal Indonesia yang mengambil studi di Rusia. “Beratnya  di Rusia itu puasanya panjang banget bisa sampai 19 jam. Apalagi bertepatan dengan musim panas, suhunya sampai 40 derajat celcius. Berat lah, tapi alhamdulillah bisa,” cerita Hilman.

Ketika musim panas, durasi puasa mulai pukul 3 pagi sampai  pukul 9-10 malam waktu setempat. Sedangkan kalau puasa bersamaan dengan musim dingin, rentang waktunya menjadi sangat pendek. Puasa di musim dingin mulai dari pukul 7 pagi dan berbuka pada pukul  4 sore. Semakin ke wilayah utara, lama puasa akan semakin lama. Hal ini tentu menjadi tantangan iman bagi muslim di Rusia. Mereka menggunakan pertimbangan atau ijtihad alim ulama untuk menentukan waktu salat dan puasa karena tidak bisa selalu berpedoman pada peredaran matahari.

Bukan cuma di Negeri Beruang Merah, di negara-negara Skandinavia puasa bisa berlangsung sampai 21-22 jam per hari. Perbedaan waktu ini dipengaruhi perputaran bumi mengelilingi matahari. Biasanya pada Maret hingga September, kawasan  di bumi belahan utara menerima cahaya matahari lebih lama dari bagian selatan. Sementara bulan  Oktober sampai Februari, negara-negara di selatan menerima cahaya lebih lama dari kawasan utara. Bagaimana, tertarik untuk merasakan momen puasa di Rusia?

Reporter: Wilman Latief

Read More in This Story

RAMADAN CORNER

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments