hero
Ilustrasi tendangan penalti.

EDITOR : TITO SIANIPAR

7 Juni 2016, 03:30 WIB

EROPA

Jelang pelaksanaan Euro 2016, Badan Asosiasi Sepak Bola Dunia atau The International Football Association Board (IFAB) mengeluarkan aturan-aturan terbaru di sepak bola. Salah satunya adalah kick off tidak lagi perlu mengarah ke depan.

Aturan baru yang mungkin akan mendapatkan banyak kritik adalah bahwa setiap pelanggaran di kotak penalti tidak melulu harus dihadiahi tendangan penalti. Aturan baru menyebutkan bahwa jika pemain bertahan melakukan pelanggaran yang benar-benar mengarah ke bola, maka wasit bisa saja hanya memberi kartu kuning.

Sebelumnya, setiap pemain bertahan bisa diganjar penalti, kartu merah, bahkan dilarang bermain jika melakukan pelanggaran di dalam kotak terlarang. Dengan aturan baru itu, maka hukuman penalti akan lebih sulit diperoleh.

"Tujuan kami adalah untuk membuat semuanya lebih mudah bagi setiap orang yang terlibat dalam sepak bola," tulis IFAB, seperti dikutip dari situs AP, Senin, 6 Juni 2016.

Dalam rangka sosialisasi aturan baru ini, wasit akan memberitahukan perubahan-perubahan baru ini kepada pemain dan pelatih setibanya mereka di Perancis untuk turnamen Piala Eropa 2016. Aturan ini juga berlaku untuk perhelatan Copa America 2016 yang sedang berlangsung.

Berikut ini adalah perubahan-perubahan lainnya:
- Kick off tidak lagi harus ditendang mengarah ke depan. Kick off bisa ke segala arah, termasuk ke belakang.
- Offside tidak lagi mencakup tangan dan lengan pemain.
- Kiper bisa diganjar kartu kuning jika bergerak terlebih dahulu ketika penalti hingga menyebabkan penalti diulang.
- Jika pelanggaran melibatkan lawan, diganjar tendangan bebas langsung.
- Setiap perlengkapan yang menutupi kaos kaki harus sewarna dengan kaos kaki. Ini berlaku untuk plester atau material lainnya.
- Ketika pemain cedera dan pelakunya mendapat kartu, si pemain cedera tidak perlu keluar lapangan setelah menerima pengobatan.
- Pemain bisa saja menerima kartu merah, bahkan sebelum pertandingan ketika wasit melakukan pemeriksaan lapangan.

TITO SIANIPAR | AP

 

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments