hero
Pelanggan dengan kopi Starbucks yang berisi es batu. (NBC)

EDITOR : TITO SIANIPAR

6 Juni 2016, 17:55 WIB

AMERIKA SERIKAT

Starbucks digugat oleh seorang pelanggannya bernama Stacy Pincus. Wanita asal Chicago ini, menganggap 'kedai kopi' yang gerainya tersebar di 70 negara itu menipu pelanggan. Ia merasa jumlah es batu pada minuman Starbucks terlalu banyak. Sehingga pelanggan hanya menerima sekitar separuh dari jumlah minuman yang mereka beli.

Starbucks dituding meraup untung lebih besar karena menjual kopi dengan es batu yang banyak. Banyaknya es batu ini dinilai merugikan konsumen dan dianggap menipu pelanggannya dengan menambahkan es batu terlalu banyak dalam minuman yang dipesan.

Isi dari surat gugatan tertulisnya menyatakan bahwa pelanggan perusahaan ritel kopi asal Amerika ini yang memesan segelas minuman dingin Venti hanya mendapatkan 14 ons minuman itu. Setara dengan sekitar setengah dari jumlah yang diiklankan. Jumlah itu hanya bernilai separuh dari yang mereka bayarkan. 

"Intinya Starbucks mengiklankan ukuran gelas minuman dingin dalam menunya dan bukan berat isi minuman yang diterima pelanggan. Ini adalah sebuah penipuan," demikian isi surat gugatan, seperti dikutip dari NBC News.

Pincus mengajukan gugatan class action sebesar $ 5 juta atau sekitar Rp 66 miliar. Dia mengatasnamakan semua pelanggan yang pernah membeli minuman dingin di Starbucks selama 10 tahun terakhir. Gugatan ini resmi didaftarkan ke Pengadilan Federal Illinois Utara di Chicago, Amerika, Rabu, 1 Juni 2016 lalu.

Starbucks melalui juru bicaranya Jaime Riley, mengatakan bahwa gugatan Pincus tidak berdasar. "Pelanggan kami memahami bahwa es merupakan komponen penting dari setiap minuman es," kata Riley kepada NBC News. "Jika pelanggan tidak puas dengan persiapan minuman mereka, kami dengan senang hati akan membuat kembali," tambahnya.

DEVY ASHARI

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments