Masjid Unik

EDITOR : DEWI RACHMAYANI

6 Juni 2016, 10:35 WIB

CIMAHI, INDONESIA

Warga berbondong-bondong mendatangi sebuah kapal yang bersandar di Jalan Bapa Ampi, Baros, Cimahi, Jawa Barat. Mereka datang bukan untuk berlayar, melainkan untuk sholat.

Ya, kapal yang mereka datangi merupakan masjid berwujud kapal. Masjid tersebut memiliki jangkar berwarna putih, kemudi nakhoda dan aksesori lain yang membuat tampilannya benar-benar menyerupai kapal laut. Bahkan, sebagian pengurus masjid memakai seragam layaknya nakhoda.

Seragam Nakhoda Pengurus Masjid (Cam: Jimmy Martino)

Masjid tersebut bukan tanpa alasan dibuat berbentuk kapal. “Terinspirasi kisah Nabi Nuh itu yang pertama. Yang kedua juga karena almarhum yang mewakafkan masjid ini adalah seorang nakhoda kapal. Jadi masjid ini dibentuk sebuah kapal laut,” tutur Agus, pengurus Masjid Al-Baakhirah.

Bagi pengunjung, sholat di masjid berbentuk perahu jadi pengalaman unik. “Lain dari masjid yang lain. Di dalamnya enak, nyaman, cukup tenang, interiornya juga bagus, bentuknya unik,” kata Ema, salah seorang pengunjung.

Luas tanah Masjid Al-Baakhirah 220 meter persegi, luas bangunannya 111 meter persegi. Masjid dapat menampung 100 jemaah. Tanah dan biaya pembangunan masjid berasal dari Budianto dan keluarga besarnya. Budianto yang berprofesi sebagai nakhoda wafat 14 tahun  lalu di usia 60 tahun. Sebelum wafat ia sempat berpesan agar keluarganya membangun masjid untuk masyarakat menggunakan harta yang Budianto tinggalkan.

Mimpi Budianto terwujud April 2016 saat Masjid Al-Baakhirah dibuka untuk pertama kalinya. Kini setiap hari rumah ibadah tersebut ramai didatangi jemaah. 

Mimpi almarhum Budianto untuk membangun masjid, tercapai sudah. Hidup sang nakhoda memang telah lama berakhir, namun kebaikannya terus hidup hingga kini.

Reporter: Jimmy Martino

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments