Risiko Kanker

EDITOR : PUTU DYAH

3 Juni 2016, 22:50 WIB

INGGRIS

Berapa ukuran pinggang kamu? Coba dicek deh karena ternyata ukuran pinggang bisa jadi indikator penyakit di tubuh kita. Salah satunya kanker prostat.

Resiko terkena penyakit ini akan semakin tinggi kalau ukuran pinggang lebih dari 88,9 cm untuk wanita dan lebih dari 101,6 cm untuk laki-laki. Pertambahan lebar sebanyak 4 cm akan meningkatkan resiko kanker prostat sampai 13%. Kebiasaan dan pola hidup juga berpengaruh pada tingkat kegemukan.

“Ada periode saat tubuh saya sangat gemuk. Seandainya saya tahu informasi ini setahun lalu, saya bisa mengambil tindakan untuk menurunkan berat badan dan mendapat manfaat kesehatan dari situ,” kata John Marshall, penderita kanker.

Sementara Nicola Smith, peneliti kanker dari Inggris meyakinkan potensi kanker bisa diminimalisir lewat penanganan sejak dini. “Jika ada gejala penyakit, yang perlu kamu lakukan segera cek ke dokter, menjaga pola hidup sehat dengan berat badan normal. Dengan begitu resiko kanker prostat dan kanker lainnya bisa menurun,” jelas Nicola.

Fakta ini muncul dalam European Obesity Summit yang berlangsung 1-4 Juni 2016 di Gothenburg, Swedia. Hasilnya didapat dari penelitian yang melibatkan 150.000 orang dari 8 negara di Eropa. Resiko kanker semakin tinggi pada orang-orang yang mengalami obesitas. Penasaran dengan kondisi tubuh kamu? Kita bisa mendeteksinya lewat Indeksi Massa Tubuh atau Body Mass Index (BMI) yang dihitung dengan rumus, 

BMI= berat badan : (tinggi badan x tinggi badan).

Lalu cek hasilnya pada tabel ini: 

 

REUTERS

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments