Temuan Arkeologi

EDITOR : PUTU DYAH

3 Juni 2016, 12:55 WIB

INGGRIS

Kalau kamu kira menulis notes di tablet baru bisa dilakukan oleh generasi milenials, kamu salah. Karena ternyata sejak Bangsa Romawi hadir di Inggris, mereka sudah menggunakan catatan ala komputer jinjing ini.

Lebih dari 700 ‘tablet’ kayu berisi catatan pendudukan bangsa Romawi ke Inggris ditemukan pada 1 Juni 2016, di Kota London. Dari artefak ini, tim arkeolog menemukan sejarah perkembangan kota Big Ben. Salah satunya, alamat pertama di London yang bertulis Londonio Mognito, artinya In London, to Mogontius.

Potongan kayu bertahun 65-80 masehi ini, juga mengungkap kalau London sudah lama menjadi kota komersil yang penting di dunia. Buktinya ada cerita soal kehadiran pedagang dan pengusaha dari berbagai kawasan, yang bertransaksi di negara kerajaan ini.

Menurut Sophie Jackson, Direktur Museum of London Archaeology (MOLA), artefak peninggalan Bangsa Romawi  bernilai penting untuk studi sejarah. Apalagi bangsa ini berperan besar dalam peradaban manusia. “Hanya sedikit dokumen bangsa Romawi yang bertahan, karena mereka menulisnya di kayu yang sangat tipis. Jadi temuan ini langka dan istimewa,” jelas Sophie.

‘Tablet’ kayu dari masa London kuno bertahan karena terkubur dalam tanah dan terawetkan oleh lumpur basah. Ketiadaan oksigen di lapisan tersebut membuat kayu tetap pada bentuk aslinya. Meskipun ada beberapa potongan yang mengalami kerusakan. Arkeolog serta ahli bahasa latin dari MOLA dan Universitas Oxford baru mengungkap tulisan dari 87 papan kayu.

Temuan sejarah ini terungkap dalam penggalian di distrik keuangan London, tepatnya di area yang akan digunakan untuk kantor Bloomberg. Tim arkeolog menargetkan untuk mengungkap semua cerita yang terawetkan dalam ‘tablet’ dan memamerkannya ke publik pada 2017.  

APTN

4

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments