hero
Ilustrasi Jong Un dan Trump. (NET/Robby Eka)

EDITOR : TITO SIANIPAR

2 Juni 2016, 13:19 WIB

AMERIKA SERIKAT

Sebelum Donald Trump maju dan kemudian memenangkan pemilihan Presiden Amerika Serikat, ada perlunya untuk mengetahui beberapa hal unik tentang pria kelahiran 14 Juni 1946 itu. Termasuk juga pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

Jika Donald jadi Presiden Amerika, kongsi Amerika dan Korea Utara tampaknya beneran akan terealisasi. Korea Utara diketahui mendukung pencalonan Trump, sementara Trump juga mengagumi kepemimpinan Jong Un di negara semenanjung itu.

"Kalian harus memberinya kredit. Dia mengambil alih semuanya, termasuk para jenderal-jenderal tangguh. Dia adalah sang bos," kata Trump pada awal tahun 2016 ini. "Dia sangat luar biasa. Dia menyingkirkan pamannya dan semua orang. Dia tidak main-main," ujarnya.

Berikut ini adalah beberapa hal menarik seputar dua tokoh kontroversial dunia itu.

Hal-hal kontroversial Donald Trump:
Apa yang dilakukan Trump untuk maju sebagai calon kandidat Presiden Amerika, ternyata tak lebih dari menjilat ludah sendiri. Jauh sebelum pencalonannya ini, Donald pernah berujar tak ingin jadi presiden. "Saya tidak punya keinginan untuk jadi presiden," katanya seperti dikutip TIME, September 1987. Hal yang sama pernah disampaikannya kepada majalah Playboy.

Dalam setiap kampanyenya Trump kerap menolak keberadaan kaum imigran yang ada di Amerika. "Imigran Meksiko membawa masalah ke sini. Mereka membawa obat-obatan, kriminal, dan mereka adalah pemerkosa," ujar Trump ketika mengumumkan pencalonannya lewat Partai Republik, di Manhattan, New York, 16 Juni 2015.

Terhadap pesaing politiknya dari partai yang sama, Senator John McCain, Trump menyatakan ketidaksukaannya. "Dia bukan pahlawan perang. Dia jadi pahlawan karena pernah ditangkap. Saya suka orang yang tak pernah ditangkap," kata Trump di Iowa, 18 Juli 2015.

Selain imigran dan saingan politiknya, Trump juga mengancam media. Dalam kicauannya pada 31 Oktober 2015, Trump kecewa atas pemberitaan The Wall Street Journal. "Mereka sebaiknya berhati-hati atau saya akan melepaskan sesuatu yang besar ke mereka," kicaunya.

Terhadap muslim, Trump juga menyatakan kebenciannya. Ia menolak masuknya penganut agama Islam ke Amerika. "Berdasarkan penelitian Pew Research, ada kebencian besar yang ditujukan ke Amerika oleh sebagian besar populasi muslim," kata Trump di South Carolina, 7 Desember 2015. Hal yang sama diulanginya ketika diwawancara CNN pada 9 Maret 2016.


 
Fakta-fakta soal Kim Jong Un:
Mengambil alih tampuk kekuasaan pada usia 27 tahun ketika ayahnya Kim Jong Il meninggal dunia pada 17 Desember 2011. Dia langsung ditetapkan sebagai ketua partai, kepala negara, dan tentara Korea Utara.

Jong Un mengeksekusi pamannya sendiri Chang Song-thaek pada Desember 2013. Langkah ini merupakan bagian dari program bersih-bersih terhadap mereka yang dianggap tak setuju akan kepemimpinan otoriternya.

BACA JUGA: Kim Jong Un Dukung Donald Trump Jadi Presiden Amerika

Jong Un adalah favorit ayah dan ibunya dibanding dua saudara lainnya, Kim Jong-nam dan Kim Jong-chol. Oleh sang ibu dia disebut, "Raja Bintang Pagi". Seorang mantan juru masak Kim Jong Il membenarkan hal tersebut dalam buku biografinya.

Kehidupan pribadi Jong Un tidak dapat dilacak. Pada Juli 2012, publik dikejutkan penampilan Ri Sol-ju di sampingnya dalam sebuah acara televisi. Pernikahan keduanya tidak pernah dijelaskan. Pebasket Dennis Rodman yang menemui Jong Un pada 2013 dan 2014 menyebutkan bawa mereka memiliki seorang putri.

Pidato pertamanya di depan publik adalah di perayaan 100 tahun hari lahir Kim Il-sung pada15 April 2012. Ketika itu ia berkomentar soal kekuatan militer negaranya. "Superioritas militer tak lagi dimonopoli oleh para kekuatan imperial. Semua usaha harus dilakukan untuk mempersenjatai rakyat," ujarnya. Dari 24 juta penduduk, 1,2 juta merupakan tentara aktif, 600 ribu cadangan, dan 6 juta lainnya paramiliter yang punya akses senjata.

Tito Sianipar | Berbagai Sumber

 

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments