Wisata Pulau Moyo

EDITOR : PUTU DYAH

1 Juni 2016, 10:50 WIB

NUSA TENGGARA BARAT, INDONESIA

Sebuah pulau di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat memikat hati banyak pesohor dunia. Berderet nama beken pernah singgah di pulau ini. Diantaranya petenis Maria Sharapova, musisi Mick Jagger dan mendiang keluarga kerajaan Inggris Puteri Diana.

Pulau kecil yang berhasil membuat tokoh-tokoh dunia jatuh hati ini, bernama Pulau Moyo. Dikagumi terutama karena keindahan alam bawah lautnya.

Maria Sharapova berfoto dengan latar air terjun di Pulau Moyo. (Foto: Facebook Maria Sharapova)

Untuk mencapai Pulau Moyo tak mudah. Akses transportasinya terbatas. Dari Pelabuhan Muara Kali di Sumbawa, wisatawan harus menyeberang gunakan kapal selama 3 jam. Kapal hanya tersedia di hari tertentu. Bagi yang tak ingin menunggu lama, ada kapal cepat yang siap disewa setiap waktu. Biayanya 3 juta rupiah per hari.

Pagi, waktu yang tepat untuk menyeberang ke Pulau Moyo. Saat ombak tenang dan cuaca bersahabat. Di tengah perjalanan menuju Pulau Moyo, ada Takat Sagele. Ini gundukan karang di lepas pantai Dusun Labuan Aji. Tempat ini sangat cocok untuk snorkeling dan diving. Pemikat utamanya yaitu kejernihan air dan keindahan terumbu karang.

Usai menikmati Takat Sagele, biasanya wisatawan akan langsung menuju Desa Labuan Aji di Pulau Moyo. Objek wisata utama di sini, air terjun Diwu Mba’i. Diwu Mba’i berarti lubang buaya. Masyarakat percaya di tempat ini banyak buaya berkeliaran namun seolah malu menunjukkan dirinya.

Di Pulau Moyo ada air terjun lain yang juga jadi favorit pengunjung, yaitu air terjun Mata Jitu. Nama Mata Jitu disematkan karena air terjun ini tak pernah kering. Di sini, pengunjung diperbolehkan bermain air namun dilarang menggunakan perlengkapan mandi yang mengandung bahan berbahaya bagi alam, seperti sabun.

Keindahan Pulau Moyo, gaungnya terdengar hingga ke berbagai penjuru dunia. Inilah yang membuat berderet pesohor  rehat sejenak dan menikmati sunyi di tempat ini…di tanah Moyo yang memesona.

Reporter: April Hasibuan

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments