EDITOR : AULIA RAHMAT

31 Mei 2016, 00:19 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Penyandang autisme sering digambarkan sebagai sosok yang anti sosial dan terbiasa larut dalam dunianya sendiri. Stigma tersebut coba dipatahkan oleh keempat remaja bernama Arya, Abhy, Shinta dan Ervitha. Lewat grup band bernama I’M STAR, mereka membuktikan bahwa anak berkebutuhan khusus juga bisa berprestasi.

Grup Band I’M STAR dibentuk tahun 2012. Empat tahun berkarya beragam prestasi berhasil diraih. Grup band penyandang autisme pertama di Indonesia ini pernah diundang tampil di Istana Negara dalam rangkaian acara APEC tahun 2013. Selain itu empat sekawan ini berhasil meraih predikat Most Touching Voice Award untuk kategori grup band di acara Autistic Talent Gala di Hongkong tahun 2015.

Kepiawaian mereka berlanjut ke ranah layar perak, film berjudul I’am Star yang mereka bintangi mendapat penghargaan untuk kategori skenario terbaik dari Oregon International Film Award.

Hadirnya Grup Band I’M STAR tak lepas dari peran orang tua. Sejak kecil para orang tua menyadari bahwa anak-anak mereka memiliki bakat di bidang musik, sehingga mereka diarahkan membentuk komunitas kecil berbentuk grup band. Kini musik menjadi pilihan keempat remaja penyandang autisme ini untuk bersosialisasi dan berbicara dengan dunia.

I'M STAR

“Harapan kami ya, semoga anak anak bisa semakin baik dalam berkomunikasi. Bisa berkarya semakin baik lagi dan berkreasi sendiri,” ujar Indah Prabowo, salah satu orang tua anggota Grup Band I’M STAR kepada NET.

Melalui kepiawaian bermain musik, Arya, Abhy, Shinta dan Ervitha berhasil menunjukkan bahwa penyandang autisme juga bisa memiliki talenta yang berkontribusi positif bagi masyarakat luas.

Reporter:  Yufienda Novitasari/ Rizki Abadi

 

52

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments