hero

Apa Bedanya Postingan Ahok dan Emil di Media Sosial?

EDITOR : DEWI LAILA

28 Mei 2016, 20:55 WIB

INDONESIA

 

Tidak lama setelah Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menonton film 'Ada Apa Dengan Cinta 2' foto itu muncul di Instagramnya @basukibtp . Di foto kiriman @irvansapt ini, Ahok terlihat selfie bareng Dian Sastrowardoyo, artis pemeran Cinta. Sementara istri Ahok, Veronica Tan berdiri sekitar 2meter dari situ. "Bisa panjang ceritanya," tulis Ahok di akun media sosialnya. Posting an ini mendapat banyak tanggapan dari masyarakat dengan mendapat lebih dari 59 ribu likes dan 5300 komentar.

Kelakuan iseng dari DKI 1 ini tidak sampai di situ saja. Awal Mei lalu, Ahok menerima kedatangan aktor Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari (BCL) di kantornya, Gedung Balai Kota. Mereka hadir untuk mempromosikan film terbarunya 'My Stupid Boss'. Tapi bukan cuma itu, Ahok, Reza, dan BCL juga nggak lupa untuk mendokumentasikan pertemuan mereka bertiga. Lewat Instagram, Ahok mem posting foto Reza sedang duduk di kursi gubernur dan BCL berdiri di samping Reza. Sementara gubernur kelahiran Belitung ini berdiri di belakang, seolah tidak terlihat oleh mereka berdua. "Ini kisah cinta saya, saya yang pakai kemeja batik," kata Ahok.

Ternyata kepala daerah yang suka memasang foto-foto dengan caption menarik bukan cuma Ahok. Walikota Bandung Ridwan Kamil alias Emil juga seolah tidak mau kalah. Bedanya, Emil lebih sering memasang foto momen romantisnya bareng istri, Atalia Kamil. Arsitek lulusan University of Berkeley ini juga memanfaatkannya untuk 'menyentil' warga Bandung yang masih single agar segera menikah.

 

Saking hits nya, Emil mempunyai sekitar 3,2 juta followers di akun Instagram. Sebagian ada yang disebut sebagai Geng 32k. Angka 32k muncul dari perhitungan Dinas Kependudukan Kota Bandung yang menyatakan ada selisih jumlah laki-laki dan perempuan di kota kembang ini. Lelaki lebih banyak sekitar 32 ribu orang dibanding wanita. Keisengan Emil sering mendapat tanggapan dari pengikut akun media sosialnya. Ada yang lewat likes, komentar, atau membuat meme kocak yang di posting lagi dengan menautkannya ke akun @ridwankamil.

Walaupun serupa, ada perbedaan di Instagram Ahok dan Emil. Di akunnya, Ahok menjelaskan ada tim khusus yang mengelola media sosial. Sementara Emil mengatur posting-an fotonya secara pribadi. Mereka berdua membuktikan, kalau di jaman sekarang, media sosial bisa mendekatkan pimpinan daerah dengan warganya. Tapi tetap harus hati-hati nih karena sarana ini bisa jadi pedang bermata dua. Di satu sisi mampu menaikkan citra mereka di masyarakat. Sekaligus menjadi bumerang, kalau ada kesalahan dari pemilik akun yang kemudian booming dan menjadi viral.

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments