hero
Tempat tinggal masa kecil Putri Diana. (DAILYMAIL)

EDITOR : TITO SIANIPAR

27 Mei 2016, 14:37 WIB

BELANDA

LONDON - Untuk pertama kalinya, rumah masa kecil Putri Diana disewakan untuk publik. Harga yang dipatok bagi pasangan yang ingin menginap di kamar Diana adalah US$ 40 ribu atau sekitar Rp 540 juta untuk akhir pekan. Selain itu, kompleks tempat tinggal Diana juga bisa disewa untuk mengadakan pesta hingga maksimal 18 orang. Harganya US$ 250 ribu atau sekitar 3,4 miliar.

“Dana yang terkumpul ditujukan untuk kepentingan amal,” kata Earl Spencer, saudara Diana, dalam wawancara khusus dengan NBC News yang dikutip dari dailymail.co.uk, pada Kamis, 26 Mei 2016. Earl adalah pemilik dan penanggung jawab mansion itu sejak 23 tahun terakhir.

Nantinya dana itu akan disalurkan ke lembaga nirlaba yang menyantuni anak-anak yatim piatu di negara-negara berkembang, Whole Child-International, yang didirikan istri Earl, Karen Spencer. “Saya sering terpikir agar rumah ini ikut berkontribusi,” kata Earl. “Tidak hanya menjadi istana atau benteng kemewahan.”

Kompleks tempat tinggal bangsawan seluas lebih dari 5 hektar itu sejatinya sudah terbuka untuk dikunjungi publik sejak 1998, setahun setelah kematian Diana pada kecelakaan lalu lintas di Paris, Prancis. Tetapi tidak untuk menginap.

Bangunan yang dibangun pada 1508 ini memiliki keramik dan perabotan antik, serta koleksi seni berkelas tinggi seperti lukisan Da Vinci. Tak hanya itu, perpustakaannya juga berisi buku-buku yang ada sejak awal abad ke-19.

Kompleks yang disebut Althorp ini memiliki 30 kamar tidur dan beberapa ruang makan. Yang mana, salah satu aula tempat makannya persis seperti yang ada di Istana Buckingham, Inggris yang mampu menampung lebih dari 100 orang.

Althorp terletak sekitar 110 kilometer barat laut kota London, Inggris. Selain danau kecil, juga terdapat tugu atau memorial site sebagai untuk mengenang dan memberikan penghormatan kepada Putri Diana. 

 

44

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments