hero
Qlue, Benahi Jakarta Lewat Sentuhan Jari (NET/ Reza Anindita)

Aplikasi Qlue

EDITOR : DEWI LAILA

27 Mei 2016, 23:55 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Apa sih gunanya aplikasi Qlue?

Kamu warga Jakarta yang kerap pusing dengan antrean layanan masyarakat, macet, banjir dan masalah 'khas' Jakarta lainnya? Tak perlu ngedumel, sampaikan keluhan kamu langsung ke pemerintah Jakarta hanya dengan sentuhan jari. Caranya lewat aplikasi Qlue. 

 
Bagaimana cara kerja Qlue?
 

Misalnya nih, saat perjalanan ke kantor, kamu menemukan banyak kendaraan yang parkir sembarangan. Kamu bisa memotret temuan itu dan meng-uploadnya di Qlue sebagai buktinya. Tentu sebelum itu, kita harus menjadi Qlue-ers, sebutan untuk pengguna Qlue, dengan membuat akun, yang bisa diintegrasi kan dengan email atau media sosial kita.

Jangan lupa lengkapi foto aduan kamu tadi dengan judul dan keterangan. Pengaduan yang masuk akan langsung diterima kelurahan setempat yang akan berkoordinasi dengan dinas terkait seperti dinas kebersihan, kesehatan atau pekerjaan umum, tergantung keluhan yang disampaikan.

Kita juga bisa lho memantau laporan yang dikirim melalui indikator di aplikasi Qlue. Laporan warna merah berarti belum ditangani, warna kuning untuk laporan yang masih dalam proses, sementara hijau jika aduan sudah diselesaikan. Pelapor juga mendapat notifikasi terkait laporan mereka.

 
 

Qlue Ada Dimana Saja?

Sejak diluncurkan Desember 2014 lalu, aplikasi ini telah terintegrasi dengan 80% kelurahan di Jakarta. Masyarakat bisa mengunduhnya lewat App Store dan GooglePlay agar bisa diakses lewat smartphone.

Selain di Jakarta, aplikasi smart city seperti Qlue sudah ada di 12 kota besar, antara lain Bandung, Depok, Riau, Manado, dan Makassar. Sementara di dunia, negara-negara seperti UK, Costa Rica, India, dan Spanyol juga menyediakan layanan ini untuk masyarakat.

Oiya, selain menyampaikan keluhan publik, Qlue-ers juga bisa berbagi berita lain, misalnya informasi wisata dan kuliner. Setiap pengguna Qlue akan diberi poin yang dihitung dari jumlah postingan atau pengaduan. Sementara kelurahan mendapat poin dari kecepatan mereka merespon keluhan masyarakat. Jadi, ayo berhenti (hanya) mengeluh, sampaikan masalahmu dan jadikan Jakarta kota yang lebih baik.

Reporter: Gita Ayu Pratiwi

 

 

 

 

3

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments