hero
Presiden Joko Widodo dan Iriana Joko Widodo sebelum bertolak ke Nagoya, Jepang, 26 Mei 2016. (NET/Indra Raharja)

KTT G-7

EDITOR : FIRZA ARIFIEN

26 Mei 2016, 12:02 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Presiden Joko Widodo, Kamis pagi, 26 Mei 2016, bertolak ke Nagoya, Jepang dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta. Presiden akan menghadiri KTT G-7 Outreach untuk membahas beberapa agenda penting. Seperti kesejahteraan Asia, pembangunan berkelanjutan, pemberdayaan perempuan dan kesehatan global.

Negara-negara anggota G-7 di antaranya, Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Prancis, Jerman, Italia dan Jepang. Selain menghadiri Pertemuan G-7, Jokowi juga akan bertemu dengan beberapa pemimpin dunia, seperti Presiden Prancis, Presiden Sri Lanka, dan Perdana Menteri Jepang.

Bersama Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Jokowi akan membicarakan rencana investasi Jepang di Indonesia. “Jadi memang pemerintah jepang telah mengajukan keinginan untuk dua hal. Satu, Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat. Yang kedua adalah kereta sedang Jakarta-Surabaya,” ujar Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Bagi Indonesia, KTT G-7 diharapkan dapat membawa angin segar bagi iklim investasi. Menurut Pramono Anung, Indonesia semakin mendapatkan kepercayaan dari negara-negara lain yang akan berinvestasi, “Ini peluang untuk investasi menjadi lebih besar. Maka apa yang dilakukan oleh pemerintah sekarang ini sudah mendapatkan sinyal positif dari negara-negara yang ada”.

KTT G-7 akan dilaksanakan selama 2 hari di Ise-Shima, yang berjarak 2 jam dari Nagoya jika menggunakan kereta. Presiden Jokowi berharap kehadiran Indonesia di Pertemuan G-7 Outreach bisa bermanfaat bagi peningkatkan kerja sama internasional dalam menghadapi tantangan bersama.

Turut serta mendampingi Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo dalam penerbangan menuju Jepang, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Sofyan Djalil dan Ketua DK OJK Muliaman Hadad. Presiden bersama rombongan direncanakan akan tiba kembali di tanah air, Jumat malam, 27 Mei 2016.

Reporter: Indra Raharja

3

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments