hero

Sidang Pledoi Nazaruddin

EDITOR : FIRZA ARIFIEN

25 Mei 2016, 18:25 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, Muhammad Nazaruddin, meminta Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi memutuskan mengembalikan sebagian harta kekayaannya yang bukan berasal dari korupsi.  Sebelumnya, jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sempat menuntut agar harta milik Nazaruddin, sekitar Rp 600 miliar dirampas untuk negara.

Jumlah harta kekayaan Nazaruddin yang didapat dari hasil pencucian uang seluruhnya sekitar Rp 1 triliun. Jumlah tersebut diperkirakan berasal dari keuntungan proyek yang masuk ke sejumlah rekening bank dan saham beberapa perusahaan."Ada aset-aset yang saya dapat sebelum saya menjadi anggota DPR, waktu saya jadi pengusaha. Itu memang betul saya laporkan ke LHKPN. Aset itu nanti yang memang untuk anak istri saya. Jadi gak mungkin barang gak bener saya bawa ke rumah," ungkap Nazaruddin, saat menjalani sidang pledoi di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu siang (25/5/2016).  

Selain meminta agar aset pribadinya yang tidak diperoleh dari hasil korupsi dikembalikan, Nazaruddin juga memohon keringan hukuman. Yaitu dua pertiga dari tuntutan. Nazaruddin merasa ia telah menjadi justice collaborator bagi KPK untuk membantu membongkar kasus tindak pidana korupsi.

Nazaruddin dituntut 7 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar, subsider 1 tahun kurungan penjara, atas sejumlah tindak pidana korupsi. Yaitu menerima uang Rp 40,37 miliar dari PT. Duta Graha Indah dan PT. Nindya Karya, atas sejumlah proyek pemerintah pada tahun 2010. Kemudian tindak pidana pencucian uang sebesar Rp 283,6 miliar pada periode 2009-2010, juga Rp 627,86 miliar pada periode 2010-2014.

Sidang nota pembelaan atau pledoi Muhammad Nazaruddin sebelumnya sempat ditunda selama 2 minggu. Saat itu Nazaruddin meminta izin untuk dirawat karena sakit.

Reporter: Delviana Azari

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments