Transportasi berbasis Rel

EDITOR : ADRIAN ZAKHARY

13 Mei 2016, 12:38 WIB

INDONESIA

Akhirnya setelah lebih dari dua dekade menanti, jalur MRT atau Mass Rapid Transit tengah dalam proses pembangunan. Pembangunan yang sudah dimulai sejak 10 Oktober 2013, diperkirakan selesai 2018.

Rencananya jalur MRT Jakarta akan membentang sekitar 110,8 kilometer, dan terbagi menjadi koridor Selatan - Utara (Lebak Bulus - Kampung Bandan) dan koridor Timur - Barat. Jalur yang pertama dibangun adalah koridor Selatan - Utara. Pembangunan koridor ini pun melalui dua tahap yaitu Tahap 1 menghubungkan Lebak Bulus sampai Bundaran HI sepanjang 15,7 kilometer (selesai 2018) dan Tahap 2 menghubungkan Bundaran HI ke Area Kota sepanjang 8,1 kilometer (selesai 2020). Sementara itu koridor Timur - Barat sedang dalam tahap studi kelayakan dan ditargetkan paling lambat beroperasi pada 2024-2027 mendatang.

Hm, sementara itu MRT di negara tetangga sudah menjadi salah satu solusi kemacetan. Sebelum kita merasakan MRT, kita lihat beberapa fasilitas MRT di Singapura, Kuala Lumpur (Malaysia) dan Taipei (Taiwan). 

1. Singapura
MRT yang dikenal juga dengan Sistem Pengangkut Gerak Cepat di Singapura kini terdapat 4 jalur utama dengan 113 stasiun. Dalam sehari MRT Singapura bisa mengangkut hingga 2,755 juta penumpang (2013). 

MRT Singapura sendiri beroperasi sejak 7 November 1987. Dengan cepat sistem angkutan massal ini menjadi tulang punggung transportasi Singapura. 

 

2. Malaysia 

Nah, memang Malaysia saat ini tengah membangun sistem MRT di Kuala Lumpur. Namun sebelumnya negeri jiran ini sudah memiliki 4 jenis transportasi berbasis rel di Kuala Lumpur, yakni KL Monorail, LRT (light rapid transit), KTM Komuter, dan KLIA Ekspres/KLIA Transit. Keempatnya dikenal sebagai sebuah sistem bernama Klang Valley Integrated Rail Transit. 

Sedikit mirip MRT sebetulnya LRT ini, namun muatan penumpangnya tidak sebanyak Mass Rapid Transit. LRT ini sendiri bukan nama moda transportasi melainkan sebuah sistem, serupa dengan Jakarta Commuter Line.

 

3. Taiwan

Di Taipei terdapat suatu sistem transportasi berbasis rel yang disebut Taipei Rapid Transit System atau TAIPEI METRO. MRT ini dioperasikan sejak 28 Maret 1996, dan terdiri dari 5 jalur dengan 107 stasiun. Dalam sehari Taipei Metro ini mampu mengangkut 1,78 juta penumpang (2012).

19

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments