hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

21 Februari 2020, 11:15 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Kalau kamu ingin menantang lidah, tentunya bukan dengan makanan enak atau menggugah selera yang biasa dikonsumsi. Nah, di berbagai negara ini punya beberapa makanan aneh yang bisa kamu coba. Tapi jangan kaget jika rasanya jauh dari perkiraan kamu sebelumnya. Kira-kira makanan apa saja itu? Berikut rangkumannya yang dikutip dari Reader Digest pada (21/02/20).

1. Balut, Filipina

(Reader Digest)

Telur mungkin adalah jenis makanan yang umum dikonsumsi di seluruh dunia. Tapi di Filipina, ada makanan telur tidak biasa yang bernama balut. Makanan ini diambil dari embrio bebek yang sedang berkembang, lalu direbus hidup-hidup saat masih berada di dalam cangkangnya.

Biasanya balut dimakan dengan sedikit bumbu cabai, bawang putih, dan cuka. Semua isi telur dikonsumsi termasuk sayap dan paruhnya. Balut banyak dijumpai sebagai makanan pinggir jalan di Filipina, dan cocok dimakan dengan ditemani bir dingin. Tinggal buka cangkangnya, seruput, lalu gigit.

2. Escamoles, Meksiko

(Reader Digest)

Makanan ini bisa saja terlihat seperti salad gandum. Tapi sebenarnya, ini adalah larva semut. Disebut juga kaviar serangga, escamoles dianggap sebagai makanan lezat oleh orang Meksiko, seperti kembali di zaman Astec. Telur semut dipanen dari sistem akar tanaman maguey dan agave.

Larva semut ini bisa ditemukan di taco, omelette, atau dimakan begitu saja. Biasanya larva semut dibumbui dengan mentega atau digoreng. Kalau anda penasaran bagaimana rasanya, kira-kira menyerupai kacang.

3. Sannakji, Korea Selatan

(Reader Digest)

Kuliner Korea Selatan bukan hanya ramyun atau toppoki. Ada juga sannakji, yaitu gurita hidup yang dimakan dalam bentuk utuh atau potongan, tergantung ukurannya. Kuliner ini disajikan mentah, biasanya hanya diberi sedikit minyak wijen. Terlihat begitu segar dengan tentakel yang masih menggeliat.

Tapi hati-hati ya, saat memakan sannakji. Karena gurita memiliki penghisap yang dapat menempelkan diri di tenggorokan, dan bisa mengakibatkan kita tersedak. Meskipun daging gurita  sebenarnya memiliki sedikit rasa dan aroma, memakan hewan hidup seperti ini tentunya akan jadi pengalaman yang tak terlupakan.

4. Casu Marzu, Italia

(Reader Digest)

Teksturnya creamy dan lembut, keju dari susu domba ini terlihat menarik ya. Tapi fakta bahwa makanan ini mengandung ribuan belatung mungkin akan membuat anda mundur, kecuali anda cukup berani untuk mencobanya. Keju sardinia ini dibuat dengan memungkinkan lalat bertelur di permukaan keju pecorino yang telah dipotong bagian atasnya untuk memudahkan akses.

Saat telur menetas, larva memakan keju untuk memecah lemak dan melunakkan bagian tengah yang biasanya keras. Keju ini kuat dan kaya rasa, rasa agak pedasnya juga akan bertahan hingga berjam-jam.

 

5. Tiram Prairie, Kanada

(Reader Digest)

Hidangan ini sama sekali bukan tiram, melainkan testis banteng yang juga dikenal dengan Rocky Mountain Oysters. Bisa ditemukan diseluruh negara peternakan, bagi anda yang ingin mencoba versi Kanada, bisa pergi ke Alberta. Salah satunya di Buzzards Restaurant yang ada di Calgary.

Restoran tersebut menyajikan tiram prairie selama musim panas. Kuliner ini biasanya ditumis, digoreng, atau diisi, dan disertai dengan bumbu, rempah, dan saus. Khas masakan koboi.

DYNAR MANGGIASIH | READER DIGEST

 

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments