hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

19 Februari 2020, 15:55 WIB

ACEH, INDONESIA

Banda Aceh, salah satu provinsi di ujung Sumatera yang punya segudang pilihan kuliner. Karena kelezatan makanannya yang luar biasa, Presiden Jokowi pun punya beberapa rekomendasi tempat makan yang wajib dicoba jika berkunjung ke kota ini. Semua dirangkum dan diunggah ke akun YouTubenya. Berikut tiga tempat makan yang wajib dicoba kalau ke Kota Serambi Mekkah.

1. Rumah Makan Hasan

(YouTube/Presiden Joko Widodo)

Rumah makan yang berdiri sejak tahun 1986 ini, jadi salah satu tempat yang diburu oleh penikmat kuliner khas Aceh. Sang pemilik, Hasan, mengatakan awalnya gurunya memintanya  masak untuk orang banyak, dan responnya positif. Dari situ kemudian Hasan coba membuka rumah makan sendiri yang diberi nama sesuai namanya.

Menu yang bisa kamu nikmati kalau ke sini beragam, seperti kari kambing, ayam goreng panas, ayam tangkap, dan ikan gabus. Di sini memasaknya menggunakan kayu mulai dari masak nasi hingga aneka lauk pauk. Alasannya sederhana yakni karena rasa masakannya jadi enak, wangi, dan empuknya beda.

Menurut Hasan, enggak ada rahasia dalam memasak karena semua bumbunya sama, bedanya cuma terletak pada takaran bumbu yang diberikan sesuai dengan ilmu yang dia pelajari. Menurutnya, kuliner Aceh paling enak adalah kari kambing dengan kuah encer nan nikmat.

Presiden Jokowi pulang dari Meulaboh bahkan pesan khusus dibawa ke hotel tempatnya menginap untuk mencoba makanan ini. Kalau kamu mau mencoba masakan ini, datang saja ke Jalan Laksamana Malahayati, Lamnyong.

2. Ring Road Coffee

(YouTube/ Presiden Joko Widodo)

Dibangun dari tahun 2010, awal mulanya kafe ini merupakan usaha ayah dari Afif Ramadhan, pemilik Ring Road Coffee. Jadi Afif melanjutkan usaha ini sejak 2017 dengan motivasi ingin meneruskan usaha sang orang tua. Impiannya sederhana, yakni ingin bisa lebih dari sang ayah.

Kedai kopi ini buka dari jam 07.00 WIB sampai 23.00 WIB. Kalau ke sini menu andalan yang wajib dicoba yaitu sanger yang merupakan campuran kopi dan susu kental manis. Sanger emang udah jadi ciri khas minuman orang Aceh.

Selain sanger, kamu juga bisa mencicipi nira espresso, paduan rasa dari air buah ijo yang dicampur espresso. Menu nira sudah lama sebenarnya, tapi enggak banyak tersedia di kedai-kedai di Aceh.

Untuk hasilkan kopi yang nikmat, kafe ini menggunakan biji kopi gayo yang punya cita rasa khas. Biji kopi Aceh miliki rasa yang berbeda dari biji kopi lainnya, yakni lebih pahit dengan aroma yang lebih harum. Yang perlu diperhatikan adalah takaran susunya, kalau di kedai lain susunya agak banyak, tapi kedai ini konsisten dengan takaran susunya.

3. Banda Seafood

(YouTube/Presiden Joko Widodo)

Abubakar Usman, Pemilik Banda Seafood. Restoran satu ini sudah ada sejak tahun 2002. Langkah besar yang dibuat oleh Abubakar Usman, sang pemilik, yakni pada saat itu belum ada restoran yang representatif di Banda Aceh.

Restoran ini buka dari jam 10.00 WIB sampai 22.00 WIB dengan melayani sekitar 300 orang per harinya. Menu jagoan di sini adalah masakan serba lada hitam mulai dari udang, kepiting, daging, hingga ayam.

Ada juga menu favorit lainnya yaitu ikan steam aceh yang punya cita rasa asam yang dominan dan berasa pedasnya. Resep yang dimiliki Abubakar kemudian dikreasikan dengan kreativitas koki sehingga miliki rasa yang nikmat.

Menurut Abubakar, kemampuan membaca peluang dan keberanian mengeksekusi adalah dua hal yang enggak bisa dipisahkan dalam menjalankan usaha.

ESTHER CRAMER | YOUTUBE PRESIDEN JOKO WIDODO

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments